Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Dalam Menangani Peserta Didik Yang Bermasalah Di Sekolah

Niwalmars CS, Fredik Melkias Boiliu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas pembelajaran pendidikan agama Kristen dalam menangani peserta didik yang bermasalah di SMP Negeri 65 Jakarta. Permasalahan peserta didik di sekolah merupakan hal serius yang harus ditangani secara efektif oleh guru pendidikan agama Kristen melalui pembelajaran pendidikan agama Kristen. Efektivitas pembelajaran pendidikan agama Kristen dalam proses belajar mengajar dirancang oleh guru untuk memperhatikan permasalahan yang dihadapi peserta didik. Sebab, banyak permasalahan yang terjadi dan guru pendidikan agama Kristen harus mengatasinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Data dalam deskriptif yang umumnya berbentuk kata-kata, gambar-gambar atau rekaman, dengan kriteria data yang pasti. Informan dalam penelitian ini sebanyak 10 orang yakni 9 orang peserta didik dan 1 orang guru pendidikan agama Kristen. Berdasarkan hasil penelitian di dapati bahwa, belum efektif pembelajaran pendidikan agama Kristen dalam menangani bermasalahan peserta didik di SMP Negeri 65 Jakarta. Hal ini dikarenakan guru pendidikan agama Kristen, belum mampu mengelola kelas dengan baik, belum sepenuhnya memahami dan melaksanakan tugas pokok dan fungsi guru, belum maksimal dalam mengembangkan bakat dan potensi yang dimiliki peserta didik, belum melaksanakan peran sebagai mediator, sebagai konselor, dan kompleksitas kompetensi pedagogis psikologis dalam pembelajaran pendidikan agama Kristen belum didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai.


Keywords


Masalah Peserta didik, Pendidikan Agama Kristen, Pedagogis, Psikologis

Full Text:

PDF

References


Agustina, N. (2012). Perkembangan Peserta Dididik. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Anwar, M. (2018). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Prenadamedia Goup.

Arbangi, et al. (2016). Manajemen Mutu Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Boiliu, F. M. (2020a). Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga Di Era Digital. Te Deum: Junal Teologi Dan Pengembangan Pelayanan, 10(1), 107–119.

Boiliu, F. M. (2020b). Pendidikan Agama Kristen Yang Antipatif Dan Hoaks Di Era Digital: Tinjauan Literatur Review. Gema Wiralodra, 11(1), 166.

Boiliu, F. M., & Sinaga, S. (2021). Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Berbasis Student Centered Learning di Sekolah. Jurnal Education and DevelopmentInstitut, 9(2), 120–126.

Budiyarti, S. (2016). et al., Problematika Pembelajaran di Sekolah Dasar. Magetan: CV. AE Media Grafika.

Fredik Melkias Boiliu, M. P. (2020). Peran Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga di Era Digital terhadap Pembentukan Spiritualitas dan Moralitas Anak. IMMANUEL Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(2), 76–91.

Geldard, K. G. dan D. (2011). Konseling Remaja. Yogyakarta: Eka Anugraha.

Gianistika, C. (2021). Strategi Pembelajaran Contextual Teaching dan Motivasi Siswa terhadap Hasil Belajar Membaca Nyaring Bahasa Indonesia. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 656–671.

Harmadi, M., & Jatmiko, A. A. (2020). pembelajaran efektif pendidikan agama kristen generasi milenial. JURNAL PASCA, 16(1), 64–76.

Hartini, N., & Ariyana, A. D. (2016). Psikologi Konseling, Perkembangan dan Penerapan Konseling dalam Psikologi. Surabaya: Airlangga University Press.

Homrighausen. (2012). Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK-Gunung Mulia.

Jaya, I., & Ardat. (2013). Penerapan Statistik untuk Pendidikan. Bandung: Ciptapustaka Media Perintis.

Messakh, J., & Boiliu, F. M. (2021). Menjadi Guru Pendidikan Agama Kristen Yang Inklusif (Korelasi Panggilan, Kompetensi Dan Mengajar). Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(1), 1–7.

Munthe, B. (2017). Pengaruh efektivitas pembelajaran guru PAK terhadap peningkatan nilai afektif siswa kasus: SMP Negeri 1 Pematangsiantar. JDP, 10(3), 274–303.

Mutiani, Sapriya, Handy, M. R. N., Abbas, E. W., & Jumriani. (2021). Pembinaan Etika Peserta Didik Melalui Pembelajaran Tematik - Integratif di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 704–709.

Penyusun, T. (2017). Materi Bimbingan teknis Fasilitator dan Instruktur Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32.

Surya, H. (2010). Rahasia Membuat Anak Cerdas dan Manusia Unggul. Jakarta: PT Aleks Media Komputindo, Gramedia,.

Susanto, A. (2016). Konsep Strategi dan Implementasi Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Jakarta: Prenadamedia Goup.

Willis, S. S. (2017). Remaja & Masalahnya. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.462

Article Metrics

Abstract view : 125 times
PDF - 73 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Niwalmars CS, Fredik Melkias Boiliu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.