Konservasi Rumah Gadang Minangkabau dalam Ekspresi Kriya Seni

Rizwel Zam, Guntur Guntur, Timbul Raharjo

Abstract


Makalah ini melaporkan penciptaan karya seni sebagai upaya revitalisasi keberadaan rumah gadang Minangkabau, Indonesia.  Karya ini merupakan ekspresi simbolik yang diwujudkan dengan konsep konservasi dalam upaya mempertahankan keberadaan, fungsi, dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya yang diekspresikan melalui bentuk-bentuk yang menggambarkan rumah gadang melalui garapan karya kriya seni.  Pendekatan yang digunakan dalam melahirkan karya ini berupa pendekatan kreatif yang memadukan apresiasi dan interpretasi terhadap obyek sumber inspirasi. dan tema dinamika keberadaan rumah gadang yang diwujudkan dengan metode eksplorasi, perancangan, dan pembentukan.  Karya dibuat menggunakan tembaga dalam bentuk pelat yang dibentuk dengan teknik assembling dan penyatuannya dengan pengelasan, di samping itu beberapa karya dipadukan dengan medium lain berupa kayu dan kaca.  Dinamika keberadaan rumah gadang diimajinasikan dan divisualisasikan melalui bentuk tiga dimensional dengan garapan berupa bentuk-bentuk meruncing sebagai penggambaran karakter sumber ide yaitu gonjong, dan bentuk-bentuk yang menggambarkan badan dan tiang rumah rumah gadang.  Hasilnya adalah karya-karya ekspresi sebagai reinterpretasi dinamika keberadaan rumah gadang dengan nilai-nilai yang terkandung didalamnya yang diekspresikan dalam narasi visual melalui karya kriya seni.


Keywords


Dinamika rumah gadang, konservasi, kriya seni

Full Text:

PDF

References


Abidin, Mas’oed. 2004. Implementasi Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah. Padang: Pusat Pengkajian Islam dan Minangkabau.

Bandem, I Made. 2005. “Kekhasan Penelitian Bidang Seni.” Ekspresi: Jurnal Institut Seni Indonesia Yogyakarta Volume 15.

Dharsono. 2016. Kreasi Artistik, Perjumpaan Tradisi Modern Dalam Paradigma Kekaryaan Seni. Karanganyar: Citra Sains.

Guntur. 2009. “Fenomenologi Sebuah Pendekatan Alternatif Dalam Penciptaan Kriya.” In Lanskap Tradisi, Praksis Karya, Dan Desain, edited by Suwarno Wisetrotomo. Yogyakarta: BP ISI Yogyakarta.

Gustami, SP. 2007. Butir-Butir Mutiara Estetika Timur, Ide Dasar Penciptaan Seni Kriya Indonesia. Yogyakarta: Prasista.

Hughes, Richard, and Michad. 1994. The Colouring Bronzing and Patination of Metals. London: Thames and Hudson Ltd.

Irawani, Titiana. 2002. “Blencong Sebagai Sumber Ide Untuk Penciptaan Karya Seni Kriya Logam.” Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Manning, Peter K dan Betsy Cullum-Swan. 1997. “Analisis Naratif, Analisis Konten, Dan Analisis Semiotik.” In Handbook of Qualitative Research, edited by Norman K dan Yvonna S. Lincoln Denzein. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Marianto, M. Dwi. 2019. Seni Dan Daya Hidup Dalam Perspektif Quantum. Yogyakarta: Scritto Books dan BP ISI Yogyakarta.

Navis, A.A. 1984. Alam Terkembang Jadi Guru; Adat Dan Kebudayaan Minangkabau. Jakarta: Grafiti Pers.

Ponimin, and Guntur. 2021. “The COVID-19 War in Ceramic Arts: Navigating Aesthetic and Symbolic Expressions.” Aisthesis. Pratiche, Linguaggi e Saperi Dell’estetico 14 (1): 81–99. https://doi.org/10.36253/aisthesis-12056.

Purwasito, Andrik. 2017. L’Ars Factum; Metodologi Penciptaan Seni. Surakarta: UNS Press.

Raharjo, Timbul. 2011. Seni Kriya Dan Kerajinan. Pertama, A. Yogyakarta: Program Pascasarjana Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Read, Herbert terjemahan Soedarso. 2000. Seni Arti dan Problematiknya. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Sumardjo, Jakob. 2014. Estetika Paradoks. Bandung: Penerbit Kelir.

Sunarto, Bambang. 2013. Epistimologi Penciptaan Seni. Yogyakarta: Idea Press.

Sunaryo, S. Hudi dan A. Sri Bandono. 1979. Pengetahuan Teknologi Karajinan Logam 1. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Susanto, Mike. 2011. Diksi Rupa; Kumpulan Istilah Dan Gerakan Seni Rupa. Yogyakarta: DictiArt Lab & Djagad Art House.

Utami, Silmi Nurul. 2021. “Daftar Rumus Kimia Asam.” Kompas.Com, 2021. http://www.kompas.com/skola/read/2021/01/14/182048669/daftar-rumus-kimia-asam.




DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.4182

Article Metrics

Abstract view : 315 times
PDF - 237 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rizwel Zam, Guntur Guntur, Timbul Raharjo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.