Pengembangan Bahan Ajar E-Komik untuk Meningkatkan Disposisi Matematis pada Siswa Kelas V SD

Alvin Yehezkiel Nababan, Yurniwati Yurniwati, Julius Sagita

Abstract


Terdapat beberapa masalah yang dapat ditemukan dalam proses penyampaian materi matematika di sekolah dasar. Salah satunya adalah adanya masalah yang ditimbulkan karena penggunaan bahan ajar yang kurang inovatif dan hanya mengandalkan buku cetak dari sekolah. Kondisi tersebut menyebabkan peserta didik kurang tertarik dengan buku yang hanya memuat teks dan didampingin dengan ilutrasi yang minim dan warna yang tidak bervariatif. Selain itu juga terdapat masalah dalam belum tercapainya tingkat disposisi matematis peserta didik kelas V SD dalam proses penyampaian materi matematika. Penulis dalam penelitian ini berupaya untuk mengembangkan e-komik yang diharapkan dapat berguna untuk menaikkan tingkat disposisi peserta didik. Selain itu penelitian ini juga merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) yang terinspirasi dari model pengembangan ADDIE. Uji validasi yang dilakukan oleh pakar media, materi, pendidik, dan bahasa menghasilkan kategori sangat layak dengan persentase nilai 81,99%. Selain itu juga dihasilkan persentase dengan nilai 86,37% yang tergolong dalam kategori sangat menarik dari hasil uji coba one to one, small and large group. Kemudian nilai yang dihasilkan dari effect size mencapai angka 1,16 yang termasuk dalam golongan kategori besar dan tinggi. Dari hasil yang diperoleh dengan dilakukannya penelitian ini, maka penulis dapat mengambil sebuah kesimpulan jika e-komik dengan judul “Asyiknya Belajar Volume Bangun Ruang” dapat dinyatakan telah layak, efektif dan efisien, serta menarik untuk digunakan dalam menaikkan tingkat disposisi matematis peserta didik di tingkat kelas V SD.

Keywords


Bahan Ajar, E-Komik, Disposisi Matematis.

Full Text:

PDF

References


Aeni, W. A., & Yusupa, A. (2018). Model Media Pembelajaran E-Komik Untuk SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 01–106. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v6i1.66

Akcanca, N. (2020). An Alternative Teaching Tool in Science Education: Educational Comics. International Online Journal of Education & Teaching, 7(4), 1550.

Aldila, S., & Mukhaiyar, R. (2020). Efektivitas model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika di kelas X SMK Negeri 1 Bukittinnggi. Ranah Research: Journal of Multidicsiplinary Research and Development, 2(2), 51–57. https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/233

Amalia, R., Hendriana, B., & Vinayastri, A. (2021). Pengembangan Media Komik Elektronik untuk Mengurangi Bullying pada Siswa Anak Usia Dini. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2392–2401.

Arikunto, S. (2018). DASAR-DASAR EVALUASI PENDIDIKAN. Bumi Aksara.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. In Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia.

Desiyanti, T., Isrok’atun, I., & Aeni, A. N. (2016). Pendekatan ¬Open-Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 381–390. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3044

Kelana, J. B., & Pratama, D. F. (2019). Bahan Ajar IPA Berbasis Literasi Sains. Lekkas.

Khotimah, H. (2021). Penggunaan Bahan Ajar Komik Digital: Pembelajaran Mandiri dalam Jaringan untuk Anak Sekolah Dasar. Literasi Nusantara Abadi.

Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. PT Bumi Aksara.

Kusumadewi, R. F., Ulia, N., & Sari, Y. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Komik Digital Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Phenomenon, 10(1), 85–101.

Latif, M. A., Ainy, C., & Hidayatullah, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Komik Matematika Berbasis Android Dengan Pendekatan Rme. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 44–52. https://doi.org/10.33474/jpm.v6i1.2969

Maulana, M. (2017). KONSEP DASAR MATEMATIKA DAN PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS - KREATIF. UPI Sumedang Press.

Nadiyah, S., Wijaya, F. Y., & Hakim, A. R. (2019). Desain Komik Strip Matematika pada Materi Statistika untuk Kelas VI Tingkat Sekolah Dasar. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(2), 135. https://doi.org/10.30998/jkpm.v4i2.3870

Prihanto, D. A., & Yunianta, T. N. H. (2018). Pengembangan Media Komik Matematikapada Materi Pecahan Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. MAJU, 5(1), 79–90. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/137

Purwaningrum, J. P. (2016). Disposisi Matematis Siswa Sd Melalui Model Pembelajaran Thinking Aloud Pairs Problem Solving. Suska Journal of Mathematics Education, 2(2), 125–130. https://doi.org/10.24014/sjme.v2i2.2200

Rahmah, N. (2013). HAKIKAT PENDIDIKAN MATEMATIKA. Al-Khwarizmi, 2, 1–10.

Riduwan, & Akdon. (2020). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. ALFABETA.

S.A.S, S., Suherman, S., & Fadlullah, F. (2022). Pengembangan Media Komik Digital Bermuatan Pendidikan Karakter Materi Membangun Persatuan dan Kesatuan pada Mata Pelajaran PPKn di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5186–5195.

Salim Nahdi, D. (2019). Keterampilan Matematika Di Abad 21. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 133–140. https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1386

Salmaniah, F., Yusmin, E., & Nursangaji, A. (2016). Disposisi Matematis Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Problem Solving. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(6), 1–12.

Sefalianti, B. (2014). Penerapan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(2), 11–20.

Zaozah, E. S., Maulana, M., & Djuanda, D. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Problem-Based Learning (PBL). Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 781–790. https://doi.org/10.17509/jpi.v2i1.11214




DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.3784

Article Metrics

Abstract view : 208 times
PDF - 167 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Alvin Yehezkiel Nababan, Yurniwati, Julius Sagita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.