Peranan Supervisi Pengawas Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan

Dedi Wandra, Sufyarma Marsidin, Rifma Rifma

Abstract


Peranan pengawas satuan pendidikan baik sekolah/madrasah sangat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan pada satuan pendidikan binaannya.. Supervisi atau supervisor memiliki peran strategis dalam memberikan layanan terhadap guru yang mendapatkan kesulitan atau terjadi penurunan dalam kompetensinya. Oleh sebab itu pembinaan pengawas agar dapat melaksanakan tugas kepengawasan akademik dan manajerial mutlak harus memiliki kompetensi supervisor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan supervisi pengawas madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Metode yang digunakan adalah metode studi kasus. Studi kasus merupakan penelitian yang mendalam tentang individu, suatu kelompok, suatu organisasi suatu program dalam waktu tertentu. Tujuannya untuk memperoleh deskripsi yang utuh dan mendalam dari sebuah identitas. Adapun teknik dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan pendekatan Taksonomi analisis melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Analisa triangulasi dillakukan dengan cara menggunakan lebih dari satu orang dalam pengumpulan dan analisa data. Hasil penelitian dan pengolaan data menunjukan bahwa terdapat beberapa kompetensi yang sejatinya dikuasai supervisor yaitu perencanaan supervisi dan pelaksanaan supervisi. Berdasarkan pengamatan, Pengawas Madrasah dan Kepala MTsN 4 Pasaman sudah saling bekerja sama dalam membuat perencanaan supervisi akademik, pelaksanaan supervisi serta juga dalam hal tindak lanjut dari kegiatan supervisi yang telah dilaksanakan

Keywords


Supervisi, Pengawas Madrasah, Mutu Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Aan, Komariah dan Triatna, Cepi. (2005). Visionary Leadership: Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: Balai Pustaka.

Ananda, R. (2019). Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–10.

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Danim, S. (2006). Visi Baru Manajemen Sekolah, dan Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas, D. P. (2009). Dimensi Kompetensi Supervisi Manajerial (Bahan Belajar Mandiri Musyawarah Kerja Pengawas Sekolah). Jakarta: Depdiknas.

Dharma, S. (2008). Peran dan fungsi pengawas sekolah/madrasah. Jurnal tenaga kependidikan. . Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan dan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Hendra, M. (2017). Analisis Kinerja Pengawas Sekolah Menengah Kejuruan dalam Pelaksanaan Program Supervisi Akademik dan Supervisi Manajerial Di Kota Langsa. Tesis. . Medan: Universitas Negeri Medan.

Imron, A. (2011). Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Makawimbang, J. H. (2011). Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Mulyasa, E. (2003). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2006). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muslim. (2017). Peran Supervisi Pengawas Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan: Studi Pada Madrasah Aliyah Negeri 3 Kabupaten Tasikmalaya. IJEMAR, 55-62.

Prabowo, S. L. (2010). , Implementasi Sistem Manajemen Mutu di Perguruan Tinggi, ISO 9001-2008 (Guidelines IWA-2). Malang: UIN Malang Press.

Purwanto, N. (2009). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Rivai, V. (2014). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rusiana. (2017). Peranan Pengawas Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Bataguh Kabupaten Kapuas. Administraus - Jurnal Ilmu Administrasi dan Manajemen , 27-56.

Rusman. (2012). Manajemen Kurikulum, Seri Manajemen Sekolah Bermutu. Jakarta: Rajawali Pers.

Ruswenda, U. (2011). Berbagai Faktor Dalam Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Di Kabupaten Kuningan. Tesis. Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Program Studi Ilmu Administrasi Universitas Indonesia.

Sagala, S. (2013). Supervisi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Sallis, E. (2012). Total Quality Management in Education, Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan,.

Sudjana, N. (2012). Supervisi Pendidikan: Konsep dan Aplikasinya bagi Pengawas Sekolah. Bekasi: Binamitra Publishing.

Turmidzi, I. (2017). Implementasi Supervisi Pendidikan Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah. Tarbawi, 33-49.

Usman, Husaini dan Purnomo Setiadi Akbar. (2012). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahidin, D. (2009). Pentingnya Supervisi Pendidikan Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru. Jurnal Terkemuka Manajemen Pendidikan, Educational Leadership.




DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.977

Article Metrics

Abstract view : 98 times
PDF - 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dedi Wandra, Sufyarma Marsyidin, Rifma

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.