Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka terhadap Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar

Septiana Intan Pratiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrakulikuler pramuka terhadap karakter disiplin siswa Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dari penelitian yang telah dilakukan sebelummnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ekstrakulikuler pramuka terhadap karakter disiplin siswa Sekolah Dasar. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menelusuri jurnal melalui Google Cendekia. Kata kunci yang digunakan untuk penelusuran jurnal adalah : ekstrakulikuler pramuka, karakter disiplin. Dari ekstrakulikuler pramuka dipilih 10 hasil penelitian untuk dianalisis lebih lanjut. Berdasarkan analisis dari 10 penelitian, dapat disimpulkan bahwa ekstrakulikuler pramuka berpengaruh terhadap karakter disiplin siswa SD.

 


Keywords


ekstrakulikuler pramuka, karakter disiplin.

Full Text:

PDF

References


Asmani, J. M. (2013). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah (Cetakan VI). Jogjakarta: Diva Press.

Basit, A. (2017). Peran Ekstrakulikuler Pramuka Dalam Penanaman Nilai-Nilai Karakter Siswa di SD IT Islamiyah Sawangan.

Budianto, E. (2014). Pengaruh Keaktifan Dalam Pendidikan Ekstrakulikuler Kepramukaan Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas Tinggi Di MI AL-ISLAM Siswa Kelas Tinggi Kartasuea Tahun Pelajaran 2014/2015.

Daryanto dan Suryatri Darminatun. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Gunawan, H. (2014). Pendidikan Karakter, Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. (2011). Kursus Mahir untuk Pembina Pramuka. Semarang: Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tingkat Cabang Cakrabaswara.

Laksono, F. (2018). Pengaruh Ektrakulikuler Pramuka Terhadap Kedisiplinan dan Kemandirian Siswa.

Mukhlish, M. I. (2016). Kegiatan pramuka dalam membentuk karakter disiplin siswa anggota gerakan pramuka di sekolah Dasar Negeri Sukun 3 Malang.

Narwanti, S. (2011). Pendidikan Karakter Pengintegrasian 18 Nilai Pembentuk Karakter dalam Mata Pelajaran. Yogyakarta: Familia.

Purnamasari, C. (2019). Pengaruh keikutsertaan Kegiatan Pramuka Terhadap Kedisiplinan dan Tanggung Jawab Siswa Kelas IV SD Negeri Kleco 2 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019.

Rahayu, M. P. (2019). . Peran Ekstrakulikuler Pramuka Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter dan Peningkatan Kedisiplinan Siswa Era Millenial Kelas V SDN Ngadirgo 01 Kota Semarang.

Rahmatika, D. (2015). Buku Pintar Pramuka Edisi Pelajar. Jakarta: Bee Media Pustaka.

Ramdhani, N. P. (2014). Pengaruh Kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka Dalam Kurikulum 2013 Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas IV SD Negeri 04 Kemiri Tahun Ajaran 2014/2015.

Samani, Munclas dan Hariyanto . (2014.). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung : Remaja Rosdakarya Offset.

Saputra, H. (2016). Harpandu Saputra (2016). Pengaruh Keikutsertaan Ekstrakulikuler Pramuka Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas 5 SD Negeri Purwantoro 1 Malang Tahun Pelajaran 2015/2016.

Setyorini, D. E. (2016). Pengaruh Ekstrakulikuler Kepramukaan terhadap Kedisiplinan Siswa SD Negeri Gugus Cakra Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang.

Syahrina Dhahirah AB, Rosma Elly, Awaluddi. (2017). Pengaruh Kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka Dalam Kurikulum 2013 Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas V DI SD Negeri 10 Banda Aceh.

Wiyani, N. A. (2013). Konsep, Praktik, & Strategi Membumikan Pendidikan Karakter di SD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.




DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.90

Article Metrics

Abstract view : 33 times
PDF - 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Septiana Intan Pratiwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.