Multimedia Alternatif terhadap Aktivitas Emosional Siswa
Abstract
Pemanfaatan teknologi multimedia dalam pendidikan semakin penting untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini mengkaji penggunaan penerapan multimedia alternatif terhadap aktivitas emosional siswa kelas XI Madrasah Aliyah . Tujuannya adalah untuk melihat pengaruh penerapan multimedia alternatif terhadap aktivitas emosional siswa dengan menggunakan metode kuantitatif dan desain korelasi . Sampel terdiri dari 113 siswa kelas XI IPS, di mana data dikumpulkan melalui kuesioner dan observasi untuk mengukur penggunaan multimedia dalam pembelajaran serta aktivitas emosional siswa. Analisis data dengan bantuan SPSS versi 26.00 yang dapat menunjukkan adanya hubungan positif yang sangat signifikan antara penggunaan multimedia dalam melihat aktivitas emosional siswa. Hasil penelitian ini memberikan pemahaman baru tentang bagaimana multimedia dapat meningkatkan aktivitas emosional siswa di lingkungan pendidikan, serta memberikan rekomendasi untuk pengembangan strategi pembelajaran yang inovatif dan efektif di Madrasah Aliyah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arbi, Imam Hanafi, Munzir Hitami, H. (2018). Universitas islam negeri sunan kalijaga yogyakarta. Profetika, Jurnal Studi Islam, 20(0274), 11–15.
Astuti, L. D. (2014). Peningkatan Oral Activities dan Emotional Activities Siswa Kelas VII Melalui Model Pembelajaran Two Stay Two Stray. Jupemasi-Pbio, 1(1), 125–128.
Dewi. (2022). Meningkatkan Kemampuan Bercerita Anak melalui Media Buku Cerita Gambar. As-Sabiqun, 4(5), 1345–1361. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i5.2259
Dianti, Y. (2017). Aktivitas Belajar. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf
Efrina, N. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Biologi. 66.
GOOD, G. (2015). 済無No Title No Title No Title. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 1(April).
Guilmette, M., Mulvihill, K., Villemaire-Krajden, R., & Barker, E. T. (2019). Past and present participation in extracurricular activities is associated with adaptive self-regulation of goals, academic success, and emotional wellbeing among university students. Learning and Individual Differences, 73(April), 8–15. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2019.04.006
Hardani, S.Pd., M.Si Nur Hikmatul Auliya, D. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (Issue January).
Hasmawati, H., Usman, U., & Ahsan. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENJUMLAH BILANGAN PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR LUAS DAERAH DI KELAS VII MTs.N 1 ENREKANG. Journal of Mathematics Learning Innovation (Jmli), 1(1), 17–32. https://doi.org/10.35905/jmlipare.v1i1.3259
Ismiyati, T. (2018). Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Media Video Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Ekonomi. Jurnal Guru Dikmen Dan Diksus, 1(2), 10–18. https://doi.org/10.47239/jgdd.v1i2.74
Lestari, N. D. (2018). Penerapan Kurikulum 2013, Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Neraca, 2(1), 68–79.
Mayer, R. E., & Moreno, R. M. (2016). mayer dan mareno 2003. Educational Psychologist: A Special Issue of Educational Psychologist: Volume 38, 38(1), 43–52. https://doi.org/10.4324/9780203764770-
Neni Isnaeni, & Dewi Hildayah. (2020). Media Pembelajaran Dalam Pembentukan Interaksi Belajar Siswa. Jurnal Syntax Transformation, 1(5), 148–156. https://doi.org/10.46799/jst.v1i5.69
Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18
Nurvitasari, N., Jaya, F., & Seituni, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 8(2), 257–267. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v8i2.344
Park, B., Flowerday, T., & Brünken, R. (2015). Cognitive and affective effects of seductive details in multimedia learning. Computers in Human Behavior, 44, 267–278. https://doi.org/10.1016/j.chb.2014.10.061
Rolia, R., Rosmaiyadi, R., & Husna, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Program Linier Kelas Xi Smk. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 72–82. https://doi.org/10.31932/ve.v8i2.39
Sahronih, S., Purwanto, A., & Sumantri, M. S. (2019). The effect of interactive learning media on students’ science learning outcomes. ACM International Conference Proceeding Series, Part F1483(March), 20–24. https://doi.org/10.1145/3323771.3323797
Sintia, M., & Jasmidi, J. (2022). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBI) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA pada Materi Termokimia. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(3), 198–207. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i3.70
Tannarong, Y., & Hafid, Y. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan di SMK IT Subulussalam. Jurnal MediaTIK : Jurnal Media Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer, 35(1).
Zega, N. A. (2020). Penggunaan Media Gambar Dalam Meningkatkan Aktivitas Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi. Warta Dharmawangsa, 14(3), 522–528. https://doi.org/10.46576/wdw.v14i3.833
DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i4.7235
Article Metrics
Abstract view : 42 timesPDF - 14 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Fenty Shintiawaty, Junaidi H.Matsum, Maria Ulfah, Nuraini Asriati, Achmadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.