Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Educandy Game terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMK
Abstract
Permasalahan utama yang dihadapi dalam konteks pembelajaran di kelas X Manajemen Perkantoran SMK Ketintang Surabaya adalah rendahnya tingkat motivasi dan hasil belajar siswa serta minimnya inovasi teknologi yang dimanfaatkan guru dalam kegiatan belajar. Riset ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis educandy game terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMK. Metode riset yang digunakan yaitu eksperimen dengan desain quasi exsperimental design. Sampel riset terdiri dari 68 siswa kelas X MP 4 dan X MP 5. Data riset berasal dari hasil angket, tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji gain score. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada motivasi dan hasil belajar siswa menyatakan bahwa H1 dan H2 diterima artinya penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis educandy game berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil dari riset ini dapat digunakan oleh riset selanjutnya pada bidang penggunaan teknologi dalam pendidikan khususnya media interaktif seperti educandy game.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Islamika, 3(1), 123–133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047
Ananda, R. (2018). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SD Negeri 016 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 1(1), 21–30. https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i1.11
Apriliyani, S. N. (2023). Inovasi Pendidikan di Indonesia di Era Digital. 1–6.
Aulia Dini Hanipah, Titan Nurul Amalia, & Dede Indra Setiabudi. (2022). Urgensi Lingkungan Belajar yang Kondusif dalam Mendorong Siswa Belajar Aktif. Education : Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 2(1), 41–51. https://doi.org/10.51903/education.v2i1.148
Bentriska, H. K., & Suprijono, A. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Educandy terhadap Hasil Belajar Kognitif Sejarah Siswa SMAN 3 Sidoarjo. Avatara, e-Journal Pendidikan Sejarah, 12(4). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/avatara/article/view/48081/40129
Buhori, R. A. N., & Karnawati, R. A. (2022). The Implication of Educandy Learning Media on Students’ Learning Outcomes in Japanese Learning. Japanedu: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Jepang, 7(1), 55–63. https://doi.org/10.17509/japanedu.v7i1.39049
Fakhrunnisaa, N., & Mardiawati. (2023). Pengaruh Game Edukasi Berbasis Educandy terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas V pada SD 103 Bontompare. 45510-112795-1-Sm. 6(1), 2–6.
Febrita, Y., & Ulfa, M. (2023). Peranan Manajeman Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Al-Mikraj Jurnal Studi Islam dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 4(1), 981–990. https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i1.4273
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kholfadina, K., & Mayarni. (2022). Penggunaan Educandy dan Dampaknya terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 259–265. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.49503
Oktaviani, R., Legiani, W. H., & Bahrudin, F. A. (2022). Pengaruh Media Quizizz terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran PPKN. Journal of Civic Education, 5(3), 310–319. https://doi.org/10.24036/jce.v5i3.742
Putri, A. M. K., Akhwani, A., Nafiah, N., & Djazilan, M. S. (2021). Pengaruh Media Educandy pada Pembelajaran PPKn terhadap Motivasi Belajar Daring Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4206–4211. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1537
Putriani, J. D., & Hudaidah, H. (2021). Penerapan Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 830–838. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/407
Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel - Variabel Penelitian Alfabeta.
Sadani, S. P., & Rosy, B. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Aurora 3D Presentation pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Kelas X OTP Di SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 362–375. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p362-375
Sesilia Ferdianti, & Agus Saeful Anwar. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Educandy Berbasis Games Edukasi pada Pelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas V SDN Cipicung. Jurnal Lensa Pendas, 8(1), 17–22. https://doi.org/10.33222/jlp.v8i1.2482
Siagian, M. H., Simarmata, E. J., Sinaga, R., Silaban, P. J., Siagian, M. H., Simarmata, E. J., Sinaga, R., Janson, P., Hasil, S., & Jigsaw, M. (2021). Jurnal PAJAR ( Pendidikan dan Pengajaran ) Volume 5 Nomor 5 September 2021 | ISSN Cetak : 2580 - 8435 | ISSN Online : 2614 - 1337 DOI : http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v5i5.8433 Improving Students ’ Learning Outcomes Through Jigsaw Learning Model At Grade . 5(September), 1211–1221.
Sudjana, N. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. CV Alfabeta.
Syachtiyani, W. R., & Trisnawati, N. (2021). Analisis Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 90–101. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.878
Uno, H. B. (2023). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. PT Bumi Aksara.
Wibowo, S. A. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Educandy Berbasis Gamifikasi untuk Meningkatkan Hasil dan Motivasi Belajar PPKN Kelas III. Nubin Smart Journal, 1(1), 126–139. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/avatara/article/view/48081
Zuliyani, L. D., & Marlina, Y. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMK Negeri 71 Jakarta. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(3), 1799–1812. https://doi.org/10.58258/jime.v9i3.5716
DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i4.7204
Article Metrics
Abstract view : 167 timesPDF - 41 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Louyse Ariska Imanda Putri, Novi Trisnawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.