Impelementasi Asas-asas Pengembangan Kurikulum terhadap Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam

Satria Kharimul Qolbi, Tasman Hamami

Abstract


Setiap masa terdapat perubahan-perubahan yang signifikan dalam dunia pendidikan agama Islam, sehingga pada prosesnya membutuhkan suatu rangkaian pengembangan kurikulum yang tepat dengan pondasi yang kuat agar arah tujuan pengembangannya jelas, maka dari itu diperlukannya asas-asas yang tepat untuk diterapkan dalam pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam. Penulisan ini bertujuan bagaimana kontribusi asas-asas pengembangan kurikulum diterapkan pada pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam. Metode penlisan ini menggunakan kajian studi kepustakaan mengelola data dengan analisis deskriptif disajikan secara sistematis dan objektif. Dari hasil penelitian terdapat lima asas yang diterapkan pada pengembangan kurikulum PAI. Asas-asas tersebut antara lain asas teologi, asas, filosofis, asas psikologi, asas sosia-budaya, asas ilmu pengetahuan dan teknologi. Penerapan kelima asas tersebut antara lain asas teologi menggunakan Al-Qur’an dan Hadits, asas filosofis menggunakan perpaduan konsep aliran filsafat, asas psikologi menentukan kemampuan sesuai jenjang, asas sosial-budaya menekankan pengenalan budaya, serta asas ilmu pengetahuan dan teknologi memaksimalkan pengembangan tekonologi terhadap kegiatan pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa implementasi asas-asas pengembangan kurikulum berkontribusi terhadap pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam secara teoritis maupun praktis dapat menjadi pelengkap bagi pihak-pihak berwenang dalam menyusun keputusan tentang kurikulum pendidikan agama Islam.

Keywords


Asas, Pengembangan Kurikulum, Pendidikan Agama Islam

Full Text:

PDF

References


Abidin, M. Z. (2016). Konsep Ilmu Dalam Islam: Tinjauan Terhadap Makna, Hakikat, Dan Sumber-Sumber Ilmu Dalam Islam. Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin, Vol. 10(No.1)

Bahri, S. (2017). Pengembangan Kurikulum Dasar Dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, Vol. 11(1)

Camelia, F. (2020). Analisis Landasan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), Vol. 5(No. 1)

Didiyanto, D. (2017). Paradigma Pengembangan Kurikulum Pai Di Lembaga Pendidikan. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 1(No. 2),

Direktorat, T. D. K. M. (2019). Keputusan Menteri Agama Tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab.

Fauzan, F., Lateh, A., & Arifin, F. (2019). Analisis Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Indonesia dan Thailand (Studi kebijakan Kurikulum 2013 dan Kurikulum 2008 di tingkat SMA). Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 14(2)

Fauzulhaq, M. H. (2017). Konsep Teologi Dalam Perspektif Seren Taun Di Kesepuhan Cipta Mulya. Jurnal Aqidah Dan Filsafat Islam, 2(1)

Firman Sidik. (2016). Konsep Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. Irfani, Vol. 12(No. 1)

Halim, A. (2016). Asas-Asas Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Multikultural. Nidhomul Haq, Vol. 1(No. 2)

Hamalik, O. (2010). Manajemen Pengembangan Kuri. Remaja Rosdakarya.

Hermawan, Y. C., Juliani, W. I., & Widodo, H. (2020). Konsep Kurikulum Dan Kurikulum Pendidikan Islam. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 10(1), 34. https://doi.org/10.22373/jm.v10i1.4720

Irsad, M. (2016). PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH (Studi Atas Pemikiran Muhaimin)

M. Akmansyah. (2015). Al-Qur’an dan As-Sunnah sebagai Dasar Ideal Pendidikan Islam. Pengembangan Masyarakat Islam, 8(2)

Muhimmatul Hasanah. (2015). Dinamika Kepribadian Menurut Psikologi Islami. Ummul Quro, Vol. 6(No. 2)

Mustika, Z. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.

Noorzanah. (2018). Kurikulum Dalam Pendidikan Islam. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, Vol.15(No.28)

Nurhalita, N. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Relevansi Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara pada Abad ke 21 Abstrak. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 3(No. 2)

Rahmat Hidayat. (2016). Ilmu Pendidikan Islam. LPPPI.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.

Suminto. (2020). Asas Psikologi dan Implikasinya dalam Pendidikan Islam Perspektif Hasan Langlung. Andragogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Ilslam, Vol. 2(No. 1), 1–14.

Wahab, A., & Sudarmono, M. A. (2021). Proses dan Prinsip Pengembangan Kurikulum Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 3(No. 2), 278–287.

Winarso, W. (2015). Dasar Pengembangan Sekolah.

Yeni Tri Nur Tahmawati, S. (2018). Islamic Akademika : Jurnal Pendidikan & Keislaman. Jurnal Pendidikan & Keislaman, 3(1), 77–87.




DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.511

Article Metrics

Abstract view : 23842 times
PDF - 13925 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Satria Kharimul Qolbi, Tasman Hamami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.