Pemahaman Remaja Tentang Internet Sehat Di Era Globalisasi

Dian Montanesa, Yeni Karneli

Abstract


Di era globalisasi seperti saat sekarang ini kehidupan remaja telah berubah. Remaja dan internet saat ini menjadi sangat dekat satu sama lain dan tidak dapat dipisahkan. Para remaja sudah memiliki gadget pribadi yang memudahkan mereka untuk menjalin kontak dengan dunia luar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman remaja tentang internet sehat. Metode yang dilakukan dalam studi kali ini adalah metode literature research, dengan mengumpulkan berbagai teori yang relevan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pemahaman remaja tentang internet sehat harus ditingkatkan agar tidak terjadi penyalaggunakan penggunaan internet dikalangan remaja. Implikasi dari studi kali ini adalah agar ada peran serta antara orangtua dan guru agar mampu membimbinga serta memberikan pemahaman kepada remaja pentingnya berinternet sehat dalam kehidupan sehari-hari


Keywords


comprehension, health internet, teenagers

Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto, M. P. (2011). Perkembangan anak usia dini: pengantar dalam berbagai aspeknya, Kencana.

Asrori, M. A. d. M. (2011). Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta, Bumi Aksara.

Elida (2006). Psikologi Perkembangan Remaja. Yogyakarta, Angkasa Raya.

Idris, K. d. M. (2013). "Dampak Fatologis-Non Fatologis Penggunaan Internet di Kalangan Anak dan Remaja." Jurnal komunikasi dan informatika 8: 4.

Ismail, M. (2016). "Studi Korelasi Implementasi Fiqh Parenting Terhadap Pola Internet Sehat Dalam Pendidikan Anak." At-Ta'dib 9(1).

Kaunang, F. J., A. Karim, et al. (2021). Konsep Teknologi Informasi, Yayasan Kita Menulis.

Kompas (2014). Hasil Survey Pemakaian Internet Remaja Indonesia.

Qomariyah, A. N. (2009). "Perilaku penggunaan internet pada kalangan remaja di perkotaan." Universitas Airlangga Surabaya 6: 55-64.

Rahardian, E. (2011). Pemanfaatan Internet dan Dampaknya Pada Pelajar SMA di Surabaya. Departemen Ilmu Informasi dan Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga. Bachelor.

Rahayu, F. S. (2012). "Cyberbullying sebagai dampak negatif penggunaan teknologi informasi." Journal of Information Systems 8(1): 22-31.

Rahman, A. (2016). "Pengaruh negatif era teknologi informasi dan komunikasi pada remaja (perspektif pendidikan islam)." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam 14(1).

Ramdani, A. (2009). Strategi penentuan spot (titik) billboard iklan layanan masyarakat tentang spektrum frekuensi radio depkominfo di provinsi Banten tahun 2007-200, Universitas Mercu Buana.

RI, D. K. d. I. (2010). Internet Sehat. Garut, Sekretariat Daerah Kabupaten Garut Bagian Informatika.

Rochim, M., D. Lilis, et al. (2017). LAPORAN AKHIR PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PPI): PELATIHAN KOMPETENSI GURU BERWAWASAN MEDIA DI SEKOLAH ANGKASA BANDUNG, LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT UNIVERSITAS ISLAM BANDUNG.

Santrock, J. W. (2008). Adolescence (Perkembangan Remaja). Jakarta. e.

Sari, A. P., A. Ilyas, et al. (2017). "Tingkat kecanduan internet pada remaja awal." JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) 3(2): 110-117.

Sarwono, S. (2000). Psikologi Remaja. Jakarta, Rineka Cipta.

Sasongko, A. (2011). Internet Sehat. Jakarta, ICT Watch.

Simangunsong, J. (2015). "Penyalahgunaan Narkoba Di Kalangan Remaja (Studi kasus pada Badan Narkotika Nasional Kota Tanjungpinang)." Program Studi Ilmu SosiologiFakultas Ilmu Sosial Dan PolitikUniversitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang.(E-journal) http://hukum. Studentjournal. ub. ac. id (di akses pada 20.

Sukardi (2008). Evaluasi Pendidikan (Prinsip dan Operasionalnya). Jakarta, Bumi Aksara.

Sundari, F. (2017). "Peran Guru Sebagai Pembelajar dalam Memotivasi Peserta Didik Usia SD."

Sutadi, H. (2012). Cara Menggunakan Internet Sehat. http://filmpelajar.com/page/14-cara-menggunakan-internet-secara-sehat. 2015.

Widayani, S. and K. Astuti (2020). "Pembentukan Karakter Melalui Pola Asuh Demokratis Untuk Mencegah Kecanduan Gadget Remaja Di Era Revolusi Industri 4.0." Psycho Idea 18(1): 74-81.

Xlcare (2012). Internet Sehat. Jakarta, ICT Watch.




DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.509

Article Metrics

Abstract view : 31 times
PDF - 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dian Montanesa, Yeni Karneli

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.