PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK SISWA SEKOLAH DASAR

Fadhilaturrahmi Fadhilaturrahmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pembelajaran kooperatif tipe GI terhadap peningkatan kemampuan koneksi matematik siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, dengan desain yang digunakan adalah “pretest-posttest two treatman design”. Populasi sekaligus sebagai sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Sekolah dasar di sekolah dasar Ibnu Sina kabupaten Bandung. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes koneksi matematik bentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika tipe GI sama-sama memiliki pengaruh dalam peningkatan kemampuan koneksi matematik siswa sekolah dasar. Maka pembelajaran matematika dengan pembelajaran kooperatif tipe GI dapat dijadikan sebagai salah satu pembelajaran yang dapat diterapkan dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa khususnya kemampuan koneksi matematik siswa sekolah dasar.


Keywords


Kemampuan Koneksi Matematik, Pembelajaran Kooperatif Tipe GI.

Full Text:

PDF

References


Lestari, P. (2009). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Koneksi Matematis Siswa

SMK Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual. Tesis SPS UPI Bandung :

Tidak diterbitkan

National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standars for

School Mathematics. Reston VA : The National Council of Teachers of

Matematics Inc.

Ruseffendi, E.T. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan

Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika untuk meningkatkan CBSA.

Bandung : Tarsito

Samosir, M.(2011). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Jakarta: Indeks

Yuniawatika. (2011). Penerapan Pembelajaran Matematika Dengan Strategi REACT

Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Representasi Matematika Siswa

Sekolah Dasar. Tesis Magister pada SPs UPI Bandung: tidak diterbitkan

Fadhilaturrahmi, F. (2018). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dan GI terhadap Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2(2).

Ananda, R., & Fadhilaturrahmi, F. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD. Jurnal Basicedu, 2(2), 11-2

Ananda, R., & Fadhilaturrahmi, F. (2017). Evaluasi Pembelajaran IPS Berbasis Taksonomi Bloom Dua Dimensi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 1(2), 11–21. https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i2.515

Ananda, R. (2014). ANALISIS IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN: Studi Kasus di Kelas IV SD Islam Ibnu Sina Kabupaten Bandung dan Kelas III SD Laboratorium UPI Cibiru. Universitas Pendidikan Indonesia.

Ananda, R. (2017). PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD. JURNAL SEKOLAH, 1(2), 66–75.

Fadhilaturrahmi, F. (2017b). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Jaring-jaring Balok dan Kubus dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Siswa Kelas IV SDN 005 Air Tawar Barat. Jurnal Basicedu, 1(1), 1–9.

Ananda, R. (2018). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SD Negeri 016 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 1(2), 1-12. doi:10.31004/basicedu.v1i2.9




DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i1.5

Article Metrics

Abstract view : 16 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Fadhilaturrahmi Fadhilaturrahmi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.