Pengembangan Bahan Ajar Buku Saku Digital Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Ekonomi

Mochammad Chairudin, Retno Mustika Dewi

Abstract


Ketidakefektivan bahan ajar akan menjadikan kegiatan pembelajaran tidak bermakna. Penelitian pengembangan bahan ajar buku saku digital berbasis Problem Based Learning pada mata pelajaran ekonomi bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kelayakan, menganalisis keefektifan, Serta menjelaskan kepraktisan buku saku digital. Jenis penelitian R&D (Research and Development) dengan model ADDIE oleh Dick & Carry dengan lima tahapan pengembangan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Teknik analisis data berupa 1) analisis dan validasi ahli, 2) perhitungan Pretest-posttest , dan 3) angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan persentase validasi kelayakan buku saku digital sebesar 79,43% dengan kategori “Layak”. Sedangkan skor keefektifan diperoleh persentase 74,4% dengan kategori “Baik”. Serta skor kepraktisan diperoleh persentase 95,5% dengan kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil penelitian, bahan ajar buku saku digital berbasis PBL dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi APBN dan APBD mengalami peningkatan melalui pemecahan masalah serta keaktifan peserta didik pula mengalami peningkatan melalui diskusi kelompok. 


Keywords


Keyword: Development, Digital Pocket Book, Problem Based Learning, Economics.

Full Text:

PDF

References


Aini, S. shinta qurrrota’ & S. (2013). Pocketbook As Media Of Learning To Improve Students’ Learning Motivation. Akuntansi, Jurnal Pendidikan Xi, Vol, XI(2), 68–75.

Alamin, A. A., Shaoqing, G., & Le, Z. (2015). The development of educational technology policies (1996-2012) lessons from China and the USA. International Education Studies, 8(6), 142–150. https://doi.org/10.5539/ies.v8n6p142

Cahyono, B. D. falasifa tsani; A. eahma. (2018). pengembangan bahan ajar buku saku matematika berbasis pendidikan karakter materi trigonometri. Phenomenon, 8 (2), 185–199. Retrieved from https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/2929

Fahma, N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Buku Saku Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Akuntansi Pada Siswa SMA. Universitas Sebelas Maret.

Haque, Z. U., & Kurniawan, R. Y. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Ekonomi Menggunakan Unity 3D Dalam Bentuk Buku Saku Digital Berbasis Problem Based Learning. International Journal of Social Sciences & Educational Studies, Vol. 20(Xx), 1–11.

Huda, F. A. (2017). Macam-macam dan jenis penelitian pengembangan. Ratkhan.Web.Id, 1. Retrieved from https://fatkhan.web.id/macam-macam-dan-jenis-penelitian-pengembangan/

Indonesia. Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Irawan, E., & Suryo, T. (2017). Implikasi multimedia interaktif berbasis flash terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika. 10(1), 33–50.

Kurniawan, R. Y. (2016). Identifikasi Permasalahan Pendidikan Di Indonesia Untuk Meningkatkan Mutu Dan Profesionlisme Guru. Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (KONASPI) VIII Tahun, (October 2016), 13–17. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/317184069%0AIDENTIFIKASI

Mudlofir, A. (2013). Pendidikan Karakter : Konsep dan Aktualisasinya dalam Sistem Pendidikan Islam. Nadwa | Jurnal Pendidikan Islam Vol. 7, Nomor 2,Oktober 2013, 7. Retrieved from http://journal.walisongo.ac.id/index.php/nadwa

Mustofa, A. (2016). pengembangan lembar kerja siswa berbasis model pembelajaran discovery learning pada mata submateri sifat-sifat cahaya untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. In jurnal penelitian pendidikan IPA.

Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan model problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 125–143. https://doi.org/10.21831/jpv.v4i1.2540

Nurdyansyah & Nahdliyah Mutala’liah. (2018). PengembanganBahan AjarModul Ilmu Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. 1–10. Retrieved from http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/1607

Pertiwi, U. D., & Rusyda Firdausi, U. Y. (2019). Upaya Meningkatkan Literasi Sains Melalui Pembelajaran Berbasis Etnosains. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 2(1), 120–124. https://doi.org/10.31002/nse.v2i1.476

Pilon, S. G. B. van H. B. van R. (2005). Teaching language technology at the North-West University. University of WAshington, (June), 57. https://doi.org/10.3115/1627291.1627304

Ruhiat, Y. & I. D. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA KELAS X. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, (November), 156–168.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryani, N. (2016). Pengembangan media pembelajaran sejarah berbasis it. Jurnal Sejarah Dan Budaya, 10, 186–195.

Yaqin, A. R. (2016). Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis Android Sebagai Pendukung Bahan Ajar Pada Materi Pph Pasal 21. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(1).

Zaini, H. D. D. H. H. (2019). penggunaan bahan ajar berbasis digital book untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika pada materi logika matematika. JTEP-Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 4, 816–825.




DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.491

Article Metrics

Abstract view : 55 times
PDF - 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Mochammad Chairudin, Retno Mustika Dewi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.