Media Pembelajaran Digital sebagai Sumber Belajar Mahasiswa Pendidikan Sejarah

Suparman Arif, Valensy Rachmedia, Rinaldo Adi Pratama

Abstract


Kegiatan pembelajaran siswa SMA dan SMK mutlak perlu memanfaatkan penggunaan media pembelajaran sejarah digital. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat dari pelibatan media pembelajaran berbasis digital sebagai sarana pembelajaran bagi mahasiswa pelatihan sejarah. Dalam kegiatan pembelajaran, pendidik khususnya guru atau dosen dapat menggunakan media pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam memahami konten yang disajikan. Pembelajaran sejarah melalui materi pembelajaran sejarah pada akhirnya dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang dipelajarinya. Temuan penelitian menunjukkan bahwa siswa dalam pendidikan sejarah memanfaatkan media pembelajaran sejarah digital dengan baik sebagai sumber belajar. Menurut tanggapan angket siswa 57,1 % sangat setuju dan 34,7% setuju. Artinya, mayoritas siswa berpendapat bahwa media pembelajaran sejarah berbasis digital merupakan sumber belajar yang dapat dimanfaatkan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang dimaksud.


Keywords


Media Pembelajaran, Pendidikan Sejarah, Sumber Belajar

Full Text:

PDF

References


Ainina, I. A. (2014). Pemanfaatan media audio visual sebagai sumber pembelajaran sejarah. Indonesian journal of history education, 3(1).

Arsyad, A. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Anisah, A., & Ezi N. Z. (2016). Pengaruh Penggunaan Buku Teks Pelajaran Dan Internet Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips. Jurnal Logika, 18(3), 1–18.

Basri, M., Sumargono. (2018). Media Pembelajaran Sejarah. Jakarta: Graha Ilmu.

Batubara, H. H. (2021). Media Pembelajaran Digital. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Firhan, M. (2018). Pengembangan Media Berbasis IT dalam Pembelajaran Sejarah. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Univeritas Negeri Malang. 2(1).

Jaenudin, A. (2011). Metode Penelitian Eksperimen. KA Puslit Dikdasmen. Lemlit UNY.

Muhammad, A. 2002. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Munir. (2017). Pembelajaran Digital. Bandung: Alfabeta.

Rafid, R., & Tanus, A. (2019). Kinerja Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Tenaga Pendidik di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Latambaga, Kolaka. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(2).

Rahelly, Y. (2015). Media Pembelajaran Sejarah Dalam Kurikulum 2013. Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah, 4(1).

Subianto, J. (2013). Peran Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat dalam Pembentukan Karakter Berkualitas. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2).

Sudjana, N. (1989). Teknologi Pengajaran. Sinar Baru.

Susanto, H., & Akmal, H. (2019). Media Pembelajaran Sejarah Era Teknologi Informasi (Konsep Dasar, Prinsi Aplikatif, dan Perancangannya). Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat.

Umam, K. (2013). Penerapan Media Digital dalam Pembelajaran Apresiasi Batik Kelas X SMA Negeri 1 Blega. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 1(1), 101-105.

Wibawa, A. E. Y. (2021). Implementasi Platform Digital Sebagai Media Pembelajaran Daring Di Mi Muhammadiyah PK Kartasura Pada Masa Pandemi Covid-19. Berajah Journal, 1(2), 76-84.

Yanuarti, R., & Wibowo Mukti. (2020). Media Pembelajaran Berteknologi Digital. Jakarta: Pusat Data dan Teknologi Informasi (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan).

Yuliana, M., & Habibi, M. R. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Pendekatan Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 06 Danger Tahun 2020/2021. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(8).




DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4685

Article Metrics

Abstract view : 697 times
PDF - 175 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Suparman Arif, Valensy Rachmedia, Rinaldo Adi Pratama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.