Pentingnya Mengembangkan E-Modul Interaktif Berbasis Flipbook di Sekolah Menengah Atas

Aisyah Hamid, Heffi Alberida

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi belum adanya sumber belajar yang menarik dan tidak monoton bagi guru maupun peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian observasi tentang pentingnya pengembangan e-modul interaktif berbasis flipbook. Observasi dilakukan di SMAN 4 Payakumbuh. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian dan Pengembangan dengan model 4D yang mana dalam penelitian ini peneliti hanya menggunakan 3D yakni Define, Design, dan Development. E-modul interaktif berbasis flipbook ini dikembangkan menggunakan aplikasi Flip PDF Profesional. Observasi dilakukan pada 05 Januari 2021 dengan memberikan angket kepada guru dan peserta didik kelas XI MIPA. Hasil observasi menunjukkan bahwa guru belum pernah menggunakan e-modul interaktif berbasis flipbook. Hasil Penilaian Harian jaringan hewan didapatkan nilai rata-rata yang cukup rendah yakni 67. Berdasarkan angket yang peneliti berikan kepada peserta didik, hal ini disebabkan 45% karena materi jaringan hewan sulit dipahami, 40% menjawab materi bersifat hafalan, dan 28 % menjawab karena kurangnya sumber belajar. Sebanyak 89% peserta didik mengininkan sumber belajar yang mengandung video dan animasi yang dapat menunjang pemahaman mengenai jaringan hewan. Dapat disimpulkan bahwa 92% peserta didik memilih setuju jika peneliti mengembangkan e-modul interaktif berbasis flipbook pada materi jaringan hewan.


Keywords


Flipbook, Interactive, Flip PDF Profesional

Full Text:

PDF

References


Abadiyah, R., Prihatin, J., & Murdiyah, S. (2018). Development of Biology Interactive Digital Flipbook on the Subject of Animal Growth and Development. BIOEDUKASI. https://doi.org/10.19184/bioedu.v16i1.7723

Andini, S., Budiyono, & Fitriana, L. (2018). Developing flipbook multimedia: The achievement of informal deductive thinking level. Journal on Mathematics Education, 9(2), 227–238. https://doi.org/10.22342/jme.9.2.5396.227-238

Dedi, G. (2010). Modul Pembelajaran Interaktif Elektronika Dasar Untuk Program Keahlian Teknik Audio Video Smk Muhammadiyah 1 Sukoharjo Menggunakan Macromedia Flash 8. Surakarta: KomuniTi.

Hayati, S., Budi, A. S., & Handoko, E. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Fisika (e-Jurnal) SNF2015, IV, 49–54.

Istigfar, A. M., Wijaya, M., & Nurmila, N. (2018). PENGARUH MULTIMEDIA NCESOFT FLIPBOOK MAKER PADA MATERI PEMBELAJARAN PENGENDALIAN GULMA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI ATPH SMK NEGERI 1 BONE-BONE. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian. https://doi.org/10.26858/jptp.v1i0.6234

Mustakim, Z. (2015). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif flash flip book terhadap hasil belajar siswa pada konsep sistem pernapasan (kuasi eksperimen di SMA Negeri 1 Pebayuran). SKRIPSI.

Mustika, N., & Sophia, A. (2019). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN. 1(3), 107–112.

Muthoharoh, V., & Sakti, N. C. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Media Pembelajaran Interakif Menggunakan Adobe Flash CS6 Untuk Pembelajaran IPS Siswa Sekolah Menengah Atas Abstrak. 3(2), 364–375.

Pinar, R. D. (2019). Analisis Proses Pembelajaran Pendekatan Saintifik dalam Kurikulum 2013 di Kelas II SDN Jatidukuh Mojokerto. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(1), 172. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i1.12940

Pratiwi, S. I., Guru, P., Dasar, S., Kristen, U., & Wacana, S. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Website untuk Peserta Didik di Sekolah Dasar Abstrak. 3(2), 333–340.

Putra, R. W. Y., & Anggraini, R. (2016). Pengembangan bahan ajar materi trigonometri berbantuan software iMindMap pada siswa SMA. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika.

Sepriana. (2019). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN. 1(3), 120–126.

Susanti, F. (2015). Pengembangan e-Modul dengan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker pada Pokok Bahasan Fluida Statis untuk Siswa SMA/MA Kelas X. Repository UIN Sunan Kalijaga.

Wahyugi, R. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Software Macromedia Flash 8 Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. 3(3), 785–793.

Zulkifli, Z. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN JARINGAN KOMPUTER MENGGUNAKAN SOFTWARE MULTIMEDIA ADOBE FLASH CS6. Jurnal Sains Dan Teknologi: Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Teknologi Industri. https://doi.org/10.36275/stsp.v18i2.114




DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.452

Article Metrics

Abstract view : 88 times
PDF - 42 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aisyah Hamid, Heffi Alberida

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.