Pengembangan Media Pembelajaran Program Xaverius Learning Center untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan penelitian ini menjelaskan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan produk media pembelajaran program XLC untuk siswa kelas III SDK Xaverius Surabaya. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan model Dick and Carry. Instrumen menggunakan angket validasi dan kepraktisan, observasi, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan validasi ahli materi/isi memperoleh 92%, validasi komponen penyajian 90%, validasi komponen kebahasaan 89% dan validasi komponen kegrafikan memperoleh 90% sehingga kevalidan media pembelajaran program XLC kriteria sangat baik. Kepraktisan dari hasil observasi siswa mendapatkan skor 86% dan observasi guru mendapatkan skor 94% sehingga dapat dikategorikan sangat baik. Hasil angket respon siswa pada uji coba perorangan memperoleh 84%, uji coba kelompok kecil 86%, uji coba lapangan 86% dan angket respon penilaian guru memperoleh 90%. Keefektifan produk dapat dilihat dari analisis uji t independent sample t-test, pada kelas kontrol memperoleh nilai sig. (2-tailed) 0.407 > 0.05 bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan, sedangkan hasil uji t (posttest) setelah diberikan perlakuan memperoleh nilai sig. (2-tailed) 0.001 < 0.05 bahwa terdapat perbedaan yang signifikan setelah diberikan perlakuan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran program XLC dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III dan dapat dijadikan media inovatif pada pembelajaran Tematik serta meningkatkan antusiasme siswa secara aktif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Bumi Aksara.
Asmalasari, D. (2022). Penggunaan Handphone sebagai Media Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di SMPN 6 Tulang Bawang Barat Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(2), 431–440.
Azhar, A. (2017). Media Pembelajaran. Rajawali Pers.
Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2015). The Systematic Design of Instruction (8th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson.
Dick, W., Carey, & L. (1985). The Systematic Design of Instruction (2nd ed.).
Dwyer, C. P., & Al. (2014). An Integrated Critical Thingking Framework for the 21st Century, Elselvier. Elselvier. Thingking Skill Creativity, 12, 43–52.
Fariatul, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Nizamia Learning Center.
Forawi, S. A. (2012). Perswption on Critical Thingking Attributes of science Education Standars. International Coference on Education Management Innovation, 30, 214–217.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kania, I. (2022). Family Learning Center Service Innovation in The Implementation of Children’s Education During The Covid-19 Pandemic. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5256–5262. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3198
Nieveen, N. (2010). Formative Evaluation in Education Design Research”. In T. Dalam Plomp & N. N (Eds.), An Introduction to Educational Design Research (pp. 8–101). SLO Netherlands Institute Foe Curriculum Development.
Nurbani, N., & Puspitasari, H. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Matematika di SMA. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1908–1913. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2357
Pamoedji, A. K. M. dan R. S. (2017). Mudah Membuat Game Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) dengan Unity 3D. PT. Elex Media Komputindo.
Pratiwi, D. E. (2021). Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Dan Xlc (Xaverius Learning Center) Selama Study From Home Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sd Katolik Xaverius Surabaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 37–45.
Pribadi, B. A. (2019). Media & Teknologi dalam Pembelajaran. Kencana.
Riduwan. (2015). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Alfabeta.
Riduwan, & Akdon. (2010). Rumus dan Data dalam Analisis Data Statistika. In In Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Cetakan kedua. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-3-662-49054-9_2900-1
Safitri, M. N., & Puspasari, D. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Android terhadap Hasil Belajar Siswa OTKP pada Mata Pelajaran Kearsipan di SMK PGRI 1 Jombang. Journal of Economics and Business Education, 2(2), 17.
Sani, R. A. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Bumi Aksara.
Sudjana, N. (2013). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Alfabeta.
Suliyanto. (2014). Statistika Non Parametrik Dalam Aplikasi Penelitian. CV. Andi Offset.
Sundayana, R. (2016). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Alfabeta.
Suttrisno, S., Riyanto, Y., & Subroto, W. T. (2020). Pengaruh Model Value Clarification Technique (Vct) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa. 5(1), 718–729.
Suttrisno, S., & Yulia, N. M. (2022). Pengembangan Kompetensi Guru dalam Mendesain Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka/Teacher Competency Development in Designing Learning in the Independent Curriculum. Al-Mudarris: Journal Of Education, 5(1), 30-44.
Suttrisno. (2021). Pengaruh Pemanfaatan Alat Peraga IPS Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, VIII(1), 77–90.
DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4427
Article Metrics
Abstract view : 339 timesPDF - 198 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Martinus Budianto Delo Thena, Setya Yuwana, Heru Subrata
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.