Peran Permainan Tradisional Untuk Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Sosial Anak Usia 7-9 Tahun

Meita Kurnia Sari, Gregorius Ari Nugrahanta

Abstract


Permasalahan yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu, masih rendahnya pendidikan karakter tanggung jawab sosial anak usia 7-9 tahun. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan buku pedoman pendidikan karakter tanggung jawab sosial berbasis permainan tradisional untuk anak usia 7-9 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D tipe ADDIE. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan 1) Pengembangan buku pedoman dilakukan menggunakan langkah-langkah ADDIE, 2) Buku pedoman pendidikan karakter memiliki kualitas “sangat baik” dengan nilai 3,81 (skala 1-4) sehingga “tidak memerlukan revisi”. 3) Penerapan produk buku pedoman pendidikan karakter sangat berpengaruh terhadap karakter tanggung jawab sosial anak usia 7-9 tahun. Hasil uji signifikansi dari buku pedoman ini yaitu t(7) = 16.756, p =  0.000 (p < 0.05), dengan besar pengaruh  r = 0.987 tergolong dalam kelompok “efek besar” dan sejajar dengan nilai persentase pengaruh yaitu sebesar 97.56%. Berdasarkan hasil analisis N-Gain Score, buku pedoman ini memperoleh nilai sebesar 92,8594% yang termasuk dalam kategori efektivitas "tinggi”.


Keywords


Buku Pedoman; Permainan Tradisional; Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Sosial

Full Text:

PDF

References


Agung, P., & Asmira, Y. D. (2018). Pengembangan Model Pendidikan Karakter Peduli Sosial Melalui Metode Bermain Peran Di Tk Tunas Mekar Indonesia Bandar Lampung. Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini, 1(02), 139–158. https://doi.org/10.31326/jcpaud.v1i02.195

Amalia, F., & Anggraeni, A. W. (2017). Semantik (Konsep dan Contoh Analisis). Malang: Madarani.

Amania, M., Nugrahanta, G. A., & Kurniastuti, I. (2021). Pengembangan Modul Permainan Tradisional Sebagai Upaya Mengembangkan Karakter Adil Pada Anak Usia 9-12 Tahun. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(2), 237–251. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1230

Ariyanto, Triansyah, A., & Gustian, U. (2020). Penggunaan Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Keterampilan Gerak Fundamental Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(1), 78–91. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/view/30785

Awailuddin, Akbar, Z., Christy, Afriani, & Heng, P. H. (2020). Tinjauan Pandemi Covid-19 dalam Psikologis Perkembangan (R. Sahrani, M. Mawarpury, H. Nisa, & Afriani (eds.)). Syiah Kuala University Press.

Dybicz, P., & Pyles, L. (2011). The Dialectic Method: A Critical and Postmodern Alternative to the Scientific Method. Advances in Social Work, 12(2), 301–317. https://doi.org/10.18060/1905

HAPIDIN, H., & YENINA, Y. (2016). Pengembangan Model Permainan Tradisional Dalam Membangun Karakter Anak Usia Dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 201–212. https://doi.org/10.21009/jpud.102.01

Khoirul, M. A., Firosalia, K., & Indri, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab dan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SD. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Dan Pembelajaran.

Kusmiati, M., Kurniati, E., & Aryaprasetya, I. G. K. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional Anjang-Anjangan Terhadap Karakter Tanggung Jawab Anak Usia Dini. Edukid, 13(2). https://doi.org/10.17509/edukid.v13i2.16921

Kusumawati, O. (2017). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Peningkatan Kemampuan Gerak Dasar Siswa Sekolah Dasar Kelas Bawah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4, 124–142.

Lickona, T. (2013). Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Nusa Media.

Mona, L. (2019). Pemberdayaan Karakter Tanggung Jawab Sosial Siswa Sd Dalam Membangun Lingkungan Sehat. Baskara, 1(2), 57–66.

Mulyadiprana, A., Ganda, N., & WS, R. (2017). Permainan Tradisional Kaulinan Barudak Untuk Mengembangkan Kemampuan Mengelola Emosi Diri Sendiri Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 1(2), 181–189. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i2.9358

Nugraheni, B. R., Nugrahanta, G. A., & Kurniastuti, I. (2021). Pengembangan Modul Permainan Tradisional Guna Menumbuhkan Karakter Toleran Anak Usia 6-8 Tahun. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 5(1), 593–607. https://doi.org/10.30738/tc.v5i1.8970

Pendidikan, J., Anak, I., Dini, U., Islam, P., Usia, A., & Riau, U. I. (2020). PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL TARIK UPIH DALAM MENINGKATKAN MOTORIK KASAR ANAK Ajriah Muazimah, Ida Windi Wahyuni. 3, 70–76.

Pertiwi, D. A., Fitroh, S. F., & Mayangsari, D. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Engklek Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(2), 86. https://doi.org/10.21107/jpgpaud.v5i2.4883

Peterson, C. & Seligman, M. E. P. (2004). Character strengths and virtues: a handbook and classification. Oxford University Press.

Pratiwi, A. R. W., Nugrahanta, G. A., & Kurniastuti, I. (2021). Development of Traditional Game Module to Strengthen the Conscience of Children 6-8 Years Old. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 9–20. https://journal.uny.ac.id/index.php/didaktika/article/view/37566

Putri, A. C. M., & Nugrahanta, G. A. (2021). Kontribusi Permainan Tradisional untuk Hati Nurani Anak. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4518–4531. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1442

Rachmawati. (2022). Kasus “Bullying” yang Tewaskan Siswa SD di Tasikmalaya, KPAI Menduga Pelaku Terpapar Konten Pornograf. Kompas.Com. https://regional.kompas.com/read/2022/07/24/060600878/kasus-bullying-yang-tewaskan-siswa-sd-di-tasikmalaya-kpai-menduga-pelaku?page=all

Rahmawati, D. (2020). Penerapan Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Untuk Mengembangkan Sikap Tanggung Jawab Pada Anak Usia Dini. https://lens.org/176-702-298-888-566%0Ahttp://repository.upi.edu/50863/

Reuten, G. (2017). An outline of the systematic-dialectical method: Scientific and political significance, dalam Moseley, F. & Smith, T. (Ed.). Marx’s capital and Hegel’s Logic. (Marx’s capital and Hegel’s Logic (ed.)). Haymarket Books.

Rianto, H., & Yuliananingsih, Y. (2021). Menggali Nilai-Nilai Karakter Dalam Permainan Tradisional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(1), 120. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i1.2440

Rut, N., Gaol, R. L., Abi, A. R., & Silaban, P. J. (2020). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Keterampilan Sosial Anak Kelas IV SD 091526. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 449–455.

Samani, M., & Hariyanto. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter (Cet 2). Remaja rosdakarya.

Sanggita, D. T., & Nugrahanta, G. A. (2022). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Peran Permainan Tradisional guna Menguatkan Karakter Kebaikan Hati pada Anak. 4(1), 79–93.

Saribu, P. B. D., & Simanjuntak, J. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Congklak Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun di KB Tunas Harapan Kecamatan Sunggal Kab. Deli Serdang. Jurnal Usia Dini, 4(1), 28–38.

Sekarningrum, H. R. V., Nugrahanta, G. A., & Kurniastuti, I. (2021). Pengembangan Modul Permainan Tradisional Untuk Karakter Kontrol Diri Anak Usia 6-8 Tahun. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(2), 207–218. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1158

Sutrisno, E. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta Kencana.

Triyani, E., Busyairi, A., & Ansori, I. (2020). Penanaman Sikap Tanggung Jawab Melalui Pembiasaan Apel Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Kelas Iii. Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 10(2), 150–154.

Wahyuni, N. C. (2021). Kemendikbudristek: Sekolah Tidak Terlibat Perusakan Makam di Solo. https://www.beritasatu.com/news/790927/kemdikbudristek-sekolah-tidak-terlibat-perusakan-makam-di-solo

World Economic Forum. (2015). New Vision for Education Unlocking The Potentialof Technologi. Word Economic Forum.




DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.4102

Article Metrics

Abstract view : 448 times
PDF - 191 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Meita Kurnia Sari, Gregorius Ari Nugrahanta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.