Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah di Masa Pandemi

Fadhila Husna Selian, Riris Nurkholida Rambe

Abstract


Guru dituntut untuk memberikan pengajaran kepada anak didik tak terkecuali anak ditingkat MI, dimasa pandemi kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online karena oleh pemerintah supaya menghindari penyebaran virus yang semakin marak meningkat setiap harinya dan karena harus dilakukan untuk tetap melangsungkan pembelajaran walaupun itu melalui jaringan salah satunya menggunakan aplikasi quizizz. Penelitian ini bertujuan yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan media aplikasi Quizizz didalam pembelajaran daring. Metode digunakan penelitian ini yaitu metode kulitatif dengan cara melakukan dua kali test sehingga kita dapat mengetahui seberapa paham dan menarik aplikasi ini bagi mereka. Serta dengan melakukan tes untuk mengetahui kendala apa yang terdapat dalam aplikasi ini dan maanfaat dari aplikasi ini. Hasil penelitian ini menggunakan aplikasi quizizz agar mempermudah guru untuk membagikan soal kepada murid tanpa harus mencatat ulang dan memeriksa hasil dari soal yang diberikan. Membuat anak semakin tertarik menggunakan aplikasi ini karena banyaknya fitur yang terdapat didalam aplikasi quizizz itu sendiri. Dapat disimpulkan bahwa aplikasi quizizz sangat tepat digunakan sebagai media pembelajaran dimasa pandemi dapat mempermudah pembelajaran serta berbasis game sehingga memiliki daya tarik tersendiri bagi penggunanya.


Keywords


Aplikasi quizizz, dimasa pandemi tingkat MI

Full Text:

PDF

References


Afiani, K. D. A., & Faradita, M. N. (2021). Penggunaan Aplikasi Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pgsd Pada Masa Pandemi Covid-19. Proceeding Umsurabaya, 1(1).

Agustina, L., & Rusmana, I. M. (2019). Pembelajaran Matematika Menyenangkan Dengan Aplikasi Kuis Online Quizizz. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sosiomadika, 2(1), 1–7. Http://Journal.Unsika.Ac.Id/Index.Php/Sesiomadika

Al Mawaddah, A. W., Hidayat, M. T., Amin, S. M., & Hartatik, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3109–3116.

Ananda, R., Fadhilaturrahmi, F., & Hanafi, I. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1689–1694.

Annisa, R., & Erwin, E. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3660–3667.

Cristiyanda, G., & Sylvia, I. (2021). Pengaruh Penggunaan Webquiz Quizizz Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa Di Sma N 16 Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 174–183.

Darmaningrat, E. W. T., Ali, A. H. N., Wibowo, R. P., & Astuti, H. M. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Digital Learning Untuk Pembelajaran Pengayaan Di Sekolah Menengah Kota Surabaya. Sesindo 2018, 2018.

Delviana, K. (2021). Pengaruh Penggunaan Quizizz Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 13 Medan Di Masa Pandemi.

Fadhilaturrahmi, F., Ananda, R., & Yolanda, S. (2021). Persepsi Guru Sekolah Dasar terhadap Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.

Gasong, D. (2018). Belajar Dan Pembelajaran. Deepublish.

Hartati, H., Putri, A. N., & Irawan, B. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Kelas Xi Ipa Man Tanjungpinang. Student Online Journal (Soj) Umrah-Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 492–498.

Haryati, I. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Ipa Kelas V Min 1 Kota Surabaya. Uin Sunan Ampel Surabaya.

Jaya, I., & Ardat, A. (2013). Penerapan Statistik Untuk Pendidikan.

Ju, S. Y., & Adam, Z. (2018). Implementing Quizizz As Game Based Learning In The Arabic Classroom. European Journal Of Social Science Education And Research, 5(1), 194–198.

Najamuddin, N., Sahrip, S., Siahaan, K. W. A., Yunita, W., & Ananda, R. (2022). The Impact of The Dissemination of The Covid-19 Epidemic on Social Development in Early Children. International Journal of Elementary Education, 6(2).

Nasrullah, A., Ende, E., & Suryadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Edmodo Pada Pembelajaran Matematika Ekonomi Terhadap Komunikasi Matematika. Symmetry: Pasundan Journal Of Research In Mathematics Learning And Education, 2(1), 1–10.

Purba, L. S. L. (2019). Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29–39.

Pusparani, H. (2020). Media Quizizz Sebagai Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Kelas Vi Di Sdn Guntur Kota Cirebon. Tunas Nusantara, 2(2), 269–279.

Rusman, M. P. (2017). Belajar & Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada Media.

Savira, A., & Gunawan, R. (2022). Pengaruh Media Aplikasi Wordwall Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5453–5460.

Solikah, H. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Quizizz Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Teks Persuasif Kelas Viii Di Smpn 5 Sidoarjo Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Mahasiswa Unesa, 7(3), 1–8.

Sukma, N., Lestari, P. I., & Nur, R. A. (2021). Pengaruh Media “Quizizz” Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa. Binomial, 4(2), 154–166.

Wijayanti, R., Hermanto, D., & Zainudin, Z. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizizz Pada Matakuliah Matematika Sekolah Ditinjau Dari Motiva




DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.4083

Article Metrics

Abstract view : 464 times
PDF - 171 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fadhila Husna Selian, Riris Nurkholida Rambe

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.