Pengaruhnya Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Menggunakan Litrasi Digital Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Masa Pandemik Covid-19

Ilham Nazaruddin, Tumiyem Tumiyem

Abstract


Era globalisasi dimasa sekarang ini berdampak besar pada Pendidikan anak terutama anak SD dan trkhusus pada kemandirian belajar anak. Masa pandemi covid-19 mengharuskan belajar dari rumah, sehingga harus menggunakan media pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajrannya. Hal ini yang melatar belakangi pengunaan literasi digital sangat dibutuhkan siswa dalam pembelajaran jarak jauh.Tujuan utama dalam penelitian ini adalah  pemberian bimbingan kelompok dengan literasi digital kepada siswa guna meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas 5 SD Negeri 101739 sei mencirim. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Eksperimen One Group, mengunakan model pre-test dan post-test. Tahapan uji analisis hipotesis dengan teknik analisis anava dua jalur. Dari hasil penelitinan ini diharap siswa memiliki kemampuan secara mandiri dalam belajar dengan menggunakan media digital yang tersedia saat ini, kesimpulannya Sebelum dilaksanakan kegiatan dengan layanan bimbingan kelompok kategori kemandirian siswa beradapa pada kategori sedang, setelah mendapat layanan bimbingan kelompok memperoleh kategori tinggi.Kemajuan tersebut dilihat dari nilai rata-rata pada awal  sebelu diberikan bimbingan kelompok 62.35% manjadi 75,57  mengalami peningkatan sebesar 11,22% Terlihat ada perbedaan yang cukup berarti dari sebelum, dengan demikian Ha diterima dan Ho di tolak terdapat peningkatan yang signifikan pada kemandirian siswa sebelumdialkanakan dengan sesudah dilaksankan kegiatan layanan bimbingan kelompok


Keywords


Digital Literacy, Independence, Covid-19 Pandemic

Full Text:

PDF

References


Hurlock, E.B. 2009. Psikologi Perkembangan (Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan) Edisi ke Lima. Terjemahan Istiwidayanti dan Soedjarwo. Tanpa Tahun. Jakarta: Erlangga.

Agustina, H. 2009. Psikologi Perkembangan (Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri Remaja). Bandung: Refika Aditama.

A Muri Yusuf. 2005. Kiat Sukses dalam Karir. Jakarta: Gahlia Indonesia.

Sharf, R S. 2010. Applying Career Development Theory to Counseling (Revisi). California: Book/ Cole Publiching Company.

Zen, M. 2012. Faktor-faktor Dominan yang Berpengaruh dalam Perencanaan Arah Karier (Studi pada Siswa SMA Negeri Kota Pariaman). Disertasi tidak diterbitkan. Padang Program Studi Doktor Ilmu Pendidikan PPS UNP Padang.

Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perencanaan Arah Karier Siswa Sma Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Tesis diterbitkan. Padang Program Studi S2 Bimbingan dan Konseling FIP UNP Padang.

Badan Pusat Statistik (2018). Diperoleh 10 Agustus 2018 dari www.bps.go.id.

Depdiknas. 2008. Penulisan Modul. Jakarta: Ditjen PMPTK.

Ms, Jumadi Tusikal. 2015. Pengembangan Modul Bimbingan dan Konseling Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpesonal Siswa. Tesis tidak Terbit. Padang Program Studi S2 FIP UNP.

Arsyad, A. 2001. Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Amri, S. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Santrock, J W. 2007. Life Span Development (Perkembangan Masa Hidup) Edisi 5 Jilid II. Terjemahan oleh Achmad Chuisasi dan Juda Damanik. 2002. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Adiputra, S. 2015. Penggunaan Teknik Modelling terhadap Perencanaan Karir Siswa. Jurnal diterbitkan. Bimbingan dan Konseling STKIP Muhammadiyah Pringsewu Volume 1 No 1 hlm 45-56 (http://download.portalgaruda.org/, diakses 12 Mei 2015).

Winkel, W.S & Hastuti, M.M. 2004. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Morhart, L. 2009. Career Planning With Teens (A Guide for Parent, Guardians, and Counsellors). Prince Albert Catholic Schools. (http://www.nbchs.lskysd.ca.pdf, diakses 12 Mei 2015).

Setyosari, P. 2013. Metode Penelitian: Pendidikan & pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Molenda, M. 2003. “In Search of the Elusive ADDIE Model”. Jurnal Performance Improvement, 42 (3): 34-36.

Irianto, A. 2012. Statistik: Konsep dasar, aplikasi, dan pengembangannya. Jakarta: Kencana.

Santoso, S. 2010. Statistik Nonparametrik: Konsep dan aflikasi dengan SPSS. Jakarta. Elex Media Komputindo




DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.3978

Article Metrics

Abstract view : 167 times
PDF - 127 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ilham Nazaruddin, Tumiyem

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.