Reaktualisasi Nilai Pancasila dan Implementasinya Sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa

Siti Utami Mutmainah, Dinie Anggraeni Dewi

Abstract


Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan pada karakter anak bangsa yang dilihat semakin jauh dari nilai-nilai Pancasila yang salah satunya disebabkan karena perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengaktualisasikan kembali nilai-nilai Pancasila yang selama ini dirasa mengalami berbagai tantangan yang menjadikan pancasila bukan lagi dengan makna yang sebenarnya. Penelitian ini dilakukan melalui metode kualitatif dengan teknis analisis untuk mereaktualisasi nilai Pancasila dan implementasinya sebagai upaya pembangunan karakter bangsa yang mana dasar pembahasannya diperoleh dari hasil studi kepustakaan berbagai sumber seperti buku, artikel jurnal, dan laporan hasil penelitian sebelumnya yang kemudian disajikan dalam bentuk deskriptif. Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa Pancasila merupakan ideologi, dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia yang seharusnya menjadi pedoman dan tolak ukur bangsa Indonesia dalam menjalankan kehidupan. Tetapi, di era globalisasi sekarang ini nilai-nilai pancasila terancam punah, sehingga karakter bangsa Indonesia yang seharusnya sesuai dengan pancasila kini mengalami perubahan. Oleh karenanya, dengan mengaktualisasi kembali nilai-nilai pancasila diharapkan bisa meningkatkan karakter bangsa Indonesia sesuai dengan makna Pancasila yang sebenarnya. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan pengaktualisasian kembali nilai Pancasila dapat membangun karakter anak bangsa yang berkualitas.


Keywords


Pancasila, Reactualization of Pancasila Values, Development of National Character.

Full Text:

PDF

References


Alaby, M. A. (2019). Membumikan Nilai Pancasila pada Generasi Bangsa. Gema Wiralodra, 10(2), 179–190.

Aziz, A., & Rana, M. (2019). (2019). PANCASILA DAN KERAGAMAN KEHIDUPAN MASYARAKAT DI INDONESIA Implementasi Nilai-nilai Pancasila pada Kehidupan Masyarakat di Indonesia.

Damanhuri, D., Bahrudin, F. A., Legiani, W. H., & Rahman, I. N. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa. Untirta Civic Education Journal, 1(2).

Harmawati, Y., & Abdulkarim, A. (2016). Nilai budaya tradisi Dieng Culture Festival sebagai kearifan Lokal untuk Membangun karakter bangsa. Journal of Urban Society’s Arts, 3(2), 82–95.

Kemdiknas. (2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter.

Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila sebagai upaya membentuk karakter jujur. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 33–41.

Pacinongi, A., & Asrifan, A. (2020). Bimbingan Pengawas Berkelanjutan dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter Bangsa dalam Kegiatan Belajar Mengajar Penjaskes. Celebes Education Review, 2(1), 1–7.

Pahlevi, F. (2014). Reaktualisasi Pancasila Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan Moral Bangsa Indonesia. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 9, 21–44.

Rachmah, H. (2016). Nilai-nilai dalam pendidikan karakter bangsa yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. E-Journal WIDYA Non-Eksakta, 1(1), 7–14.

Rosad, A. M. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Managemen Sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan. 5(2), 173–190.

Samani, M., & Hariyanto. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Remaja Rosdakarya.

Subana, M. (2005). Dasar-dasar Penelitian Ilmiah (P. Setia (ed.)).

Suhady, I., & Sinaga, A. M. (2006). awasan Kebangsaan dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. Lembaga Administrasi Negara RI.

Wahyudi, W. (2016). Reaktualisasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Pembangunan Karakter Bangsa Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.

Widisuseno, I. (2014). Azas Filosofis Pancasila Sebagai Ideologi Dan Dasar Negara. Humanika, 20(2), 62–66.

Yudhanti, R. (2016). Pancasila dan Berbagai Permasalahan Aktual. Law Research Review Quarterly, 2, 599–610.

Zaman, B. (2019). Urgensi Pendidikan Karakter yang sesuai dengan Falsafah Bangsa Indonesia. Al Ghazali, 2(1), 16–31.




DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.396

Article Metrics

Abstract view : 3609 times
PDF - 1054 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Siti Utami Mutmainah, Dinie Anggraeni Dewi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.