PENGARUH BAHAN AJAR TEMATIK TERPADU TERHADAP IDENTITAS BANGSA SISWA SEKOLAH DASAR

Fatma Khaulani, Firman Firman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh  penggunaan bahan ajar tematik terpadu terhadap peningkatan identitas bangsa siswa kelas V SD melalui tes hasil belajar, metode peneltian yang digunakan adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD 20 Indarung Kota Padang, dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah skor hasil belajar siswa pada tes akhir pada sub tema Indonesiaku, Bangsa Berbudaya, dari hasil yang diperoleh didapatkan informasi bahwa penggunaan  bahan ajar tematik terpadu berpengaruh terhadap peningkatan identitas bangsa siswa kelas V SD. Pada tes akhir diperoleh rata-rata kelas eksperimen sebesar 78,182 dan kelas kontrol sebesar 67,727. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen dan hasil perhitungan uji-t diperoleh thitung 2,434 dan ttabel 2,020  ini artinya thitung > ttabel, Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar tematik terpadu berpengaruh terhadap identitas bangsa h siswa kelas V SD.


Keywords


Bahan Ajar, Tematik Terpadu, Identitas Bangsa

Full Text:

PDF

References


Daryanto dan Dwicahyono, Aris. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, Pembelajaran, PHB, Bahan Ajar). Yokyakarta: Gava Media.

Kantun , S dan Budiawati, Y. (2015). Analisis Tingkat Kelayakan Bahan Ajar Ekonomi Yang Digunakan Oleh Guru Di SMA Negeri 4 Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol.9, no.2 Mei 2015 (129-146).

Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Rosda Karya

Parji. (2011). Pengembangan Nilai-Nilai Integritas Dan Identitas Nasional Dari Perspektif Pendidikan. Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya.1(2).

Prastowo, i. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jogjakarta: Diva Press.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (t.thn.). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.34

Article Metrics

Abstract view : 14 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Fatma Khaulani, Firman Firman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.