Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Adobe Flash CS6 Untuk Pembelajaran IPS Siswa Sekolah Menengah Atas

Vivin Muthoharoh, Norida Canda Sakti

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi banyaknya peserta didik menjadi murid yang pasif serta kurang termotivasi terhadap metode pembelajaran konveksional yang biasa digunakan oleh guru, yang mana pembelajaran dilakukan menyampaikan materi secara lisan lalu mengerjakan soal evaluasi. Dari paparan permasalahan tersebut penelitian dilakukan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif yang mampu memacu peserta didik agar lebih bersemangat dan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian pengembanagn ini menggunakan jenis penelitian yakni Research and Development (R&D) serta model penelitian 4D (Define, Design, Development dan Disseminate). Uji coba terbatas sebanyak 20 peserta didik. Penelitian dilakukan guna meninjau kelayakan media jika diketahui dari penyajian media dan kesesuaian materi, efektivitas media, kepraktisan media serta guna menganalisis respon peserta didik dan perbandingan hasil belajar ketika sebelum dan setelah mengakses media dengan desain uji coba Pre-Test dan Post-Test. Sedangkan hasil belajar dianalisa melalui uji N-Gain Score. Berdasarkan hasil uji coba terbatas diperoleh yakni media pembelajaran diketahui layak karena mendapatkan hasil sebesar 85,7%, efektif sebab diperoleh skor 100%, dan praktis dengan presentase 100% apabila digunakan. Selain itu diketahui peserta didik merespon positif dengan menunjukkan bahwa media pembelajaran perpajakan memberikan rasa antusias jika digunakan. Hasil belajar juga meningkat secara signifikan setelah mengakses media pembelajaran perpajakan.


Keywords


media pembelajaran, adobe flash cs6, ekonomi, respon

Full Text:

PDF

References


Asrori, M. (2016). Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran. MADRASAH. https://doi.org/10.18860/jt.v6i2.3301

Bustomi, A. Y. (2010). Aplikasi Pembelajaran Panca Indra Pada Manusia Berbasis Android. Telematika, Vol. 3, No. http://ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/telematika/article/view/195

Fauziah, I., Sutrisno, & Suwarni. (2016). Pengembangan E-Modul Berbasis Adobe Flash CS6 pada Mata Pelajaran Penataan Barang Dagang. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen, Vol. 2, No. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpbm/article/view/1703

Krismadinata, K., Elfizon, E., & Santika, T. (2019). Developing Interactive Learning Multimedia on Basic Electrical Measurement Course. 299(Ictvet 2018), 305–308. https://doi.org/10.2991/ictvet-18.2019.69

Kurniawati, I. D., & Nita, S.-. (2018). MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA. DOUBLECLICK: Journal of Computer and Information Technology. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540

Mankiw, N. G. (2013). A Lecture Presentation in PowerPoint to Accompany Principles of Economics Ten Principles of Economics.

Muhson, A. (2010). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949

Mustarin, A., Arifyansah, R., & Rais, M. (2019). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE FLASH CS6 DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X ATPH PADA MATA PELAJARAN ALAT DAN MESIN PERTANIAN DI SMKN 4 JENEPONTO. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian. https://doi.org/10.26858/jptp.v5i1.8189

Osman, A., Yahaya, W. A. J. W., & Ahmad, A. C. (2015). Educational Multimedia App for Dyslexia Literacy Intervention: A Preliminary Evaluation. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.489

Priandana, V., & Asto. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbantuan Software Macromedia Flash Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Macam-Macam Gerbang Dasar Rangkaian Logika Di SMK Negeri 2 Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Teknik Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 33.

Sefriani, R., & Sepriana, R. (2020). Pengembangan Media E-Learning Berbasis Schoology pada Pembelajaran Kurikulum Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 8–14.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cetakan ke). Afabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Alfabeta. https://doi.org/10.1016/j.drudis.2010.11.005

Syupriyanti, L., Firman, & Neviyarni. (2019). PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL INTERAKTIF MENGGUNAKAN PENDEKATAN CTL DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA DI SEKOLAH DASAR. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1 No. 3. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index

Tafonao, T. (2018). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Komunikasi Pendidikan. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Thiagarajan, S. (1974). Instructional Development For Training Teachers of Exceptional Childern : A Source Book. University of Minnesota.

Umbara, U., & Nuraeni, Z. (2019). Implementation of Realistic Mathematics Education Based on Adobe Flash Professional CS6 To Improve Mathematical Literacy. Infinity Journal, Vol. 8, No. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/view/1037




DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.315

Article Metrics

Abstract view : 26 times
PDF - 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Vivin Muthoharoh, Norida Canda Sakti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.