Implementasi Kebijakan “Merdeka Belajar, Kampus Merdeka” pada Perguruan Tinggi Swasta: Survey Pendidikan Sejarah Universitas Flores

Agutina Mei, Finsensius Yesekiel Naja, Josef Kusi

Abstract


Dunia pendidikan menjadi sangat istimewa karena bergulirnya kebijakan  Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Konsep MBKM memberi kebebasan dan otonomi kepada Lembaga Pendidikan, dan merdeka dari birokratisasi, dosen dibebaskan dari birokrasi yang berbelit serta mahasiswa diberikan kebebasan untuk memilih bidang yang mahasiswa sukai, Adanya kebebasan yang hendak diraih dalam MBKM ini menambah imun setiap kampus untuk terus menjadi lebih baik lagi dengan mencetak lulusan memiliki nilai karakter, daya pikir, dan kreativitas. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di perguruan tinggi swasta: Survey pada program studi pendidikan Sejarah Universitas Flores. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Data diperoleh dari populasi yang berjumlah 147  responden yang merupakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Flores. Data dikumpulkan melalui kuesioner survei  SPADA DIKTI. Teknik analisis data dimulai dari pengumpulan data kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian survey ini menunjukan bahwa mahasiswa  pada program studi pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Flores memberikan respon yang positif terhadap program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan sudah menyiapkan diri dengan baik untuk mengikuti kegiatan MBKM yang difokuskan pada program asistensi mengajar di satuan pendidikan.


Keywords


Survei, Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu pendekatan praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( Fokus : Model MBKM Program Studi ). 4(1), 195–205.

Bethlehem, J. (2009). Applied Survey Methods: A Statistical Perspective. Hoboken: John Wiley & Sons, Inc. https://doi.org/https://doi.org/10.1002/9780470494998

Dirjen Pendidikan Tinggi. (2020). Buku Panduan Mmkb. Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

Endang, F. (2020). DUKUNGAN PERPUSTAKAAN DALAM IMPLEMENTASI “KAMPUS MERDEKA DAN MERDEKA BELAJAR” Endang Fatmawati 1. 6.

Lexy. J Moleong. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi, Bandung.

Mariati, M. (2021). TANTANGAN PENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA DI PERGURUAN TINGGI. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Edukasi dan Humaniora 2021,. ke-1(1), 747–758. https://doi.org/https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.405

Muhammad R.Baharuddin. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Fokus: Model MBKM Program Studi.

Muslikh. (2020). landasan filosofis dan analisis terhadap kebijakan merdeka belajar dan kampus merdeka.

Nurhayani. (2020). konsep kampus merdeka belajar di era revoluasi 4.0.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 03 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi.

Savitri, D. . (n. d. . (2000). Peran Guru SD di Kawasan Perbatasan Pada Era New Normal.

Simatupang, E., & Yuhertiana, I. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka terhadap Perubahan Paradigma Pembelajaran pada Pendidikan Tinggi : Sebuah Tinjauan Literatur. 2(2), 30–38.

Siti Mustaghfiroh. (2020). yang membahas tentang konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) memiliki arah dan tujuan yang sama dengan konsep aliran filsafat pendidikan progresivisme John Dewey.

Slavin, R. E. (2005). Learning:, Cooperative teori, riset, dan praktek. Bandung: Nusa Narulita, Media. (Diterjemahkan oleh Learning:, Yusron dari Cooperative Theory, Research and Practice). Allyn and Bacon.

Sudaryanto. (2020). konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan aplikasinya dalam pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.

Yusuf, M., & Arfiansyah, W. (2021). Konsep “Merdeka Belajar” dalam Pandangan Filsafat Konstruktivisme. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(2), 120–133.

Widayati, W., Amalia, R., Pendidikan, I., & Dahlan, U. A. (2020). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Aplikasinya dalam Pendidikan Bahasa ( dan Sastra ) Indonesia. 78–93.

Wijayanto, A. (2021). Implementasi dan Problematika Merdeka Belajar. OSF Preprints. https://doi.org/10.31219/osf.io/yshk6




DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2010

Article Metrics

Abstract view : 1511 times
PDF - 591 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Agutina Mei, Finsensius Yesekiel Naja, Josef Kusi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.