Analisis Pelaksanaan Penguatan Karakter Religius Selama Masa Distance Learning Pada Siswa Sekolah Dasar

Hijrawatil Aswat, Mitra kasih La Ode Onde, Fitriani B, Eka Rosmitha Sari, Muliati Muliati

Abstract


Pendidkan karakter saat ini menjadi sorotan tajam disaat kondisi belajar yang terbatas. Saat pandemic mengharuskan pembelajaran dilaksanakan secara tatap maya, sehingga kegiatan pembelajaran di sekolah dialihkan melalui daring. Sehingga penelitian ini bermaksud untuk menganalisis bagaimana pelaksanaan penguatan karakter religious di Sekolah Dasar Kota Baubau dimasa Distance Learing. Tujuannya untuk mengetahui sejauh mana penanaman karakter religisu di Sekolah Dasar selama pembelajaran daringa. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dimana proses analisis data yang dikumpulkan lalu diproses untuk menghasilkan kesimpulan dalam pengambilan keputusan. Subjek penelitian ini merupakan siswa Sekolah Dasar di Kota Baubau dengan mengambil sampel dari 3 sekolah yang tersebar di kecamatan betoambari. Instrument penelitian yang digunakan ialah menggunakan data angket, dan wawancara tertulis yang dibagikan melalui google forms. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penguatan pendidikan karakter religius berdasarkan kategori keterlaksanaan belum terlaksana dengan baik, ditandai dengan program pengembangan diri terlaksana 64%, pengintegrasian kedalam mata pelajaran terlaksana 25%, dan pengintegrasian dalam budaya sekolah terlaksana 11%. Peran orang tua masih mendominasi dalam pengembangan diri siswa, namun dibawah kontrol guru dengan memberikan daftar ceklis kegiatan serta dokumentasi kegaiatan religius anak selama berada di rumah. Peran guru dalam mengintegrasikan karakter religius kedalam pembelajaran cukup terlaksana namun kurang memanfaatkan media pembelajaran yang kongkrit, sehingga siswa belajar melalui buku cetak dan penugasan. sedangkan peran sekolah terkait pelaksanakan kurikuler, ekstrakurikuler dan kokurikuler tidak terlaksana secara baik disebabkan oleh sarana dan prasarana pendukung kegiatan religius melalui budaya sekolah belum memadai yang mendukung kegiatan distance learning

Keywords


Penguatan Pendidikan karakter religious, Distance Learning, Siswa Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


--, Sutjipto. 2011. “Rintisan Pengembangan Pendidikan Karakter Di Satuan Pendidikan.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 17(5): 501.

Alfatah, Akhid Ilyas, Mulyani Rahayu, Ahmad Fikri Sabiq, and Program Magister. 2020. “Tantangan Pendidikan Karakter Religius, Nasionalis, Dan Mandiri Pada Masa New Normal.” : 86–94.

Aswat, Hijrawatil et al. 2021. “Implikasi Distance Learning Di Masa Pandemi COVID 19 Terhadap Kecerdasan Emosional Anak Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(2): 761–71.

Aswat, Setiawan. 2020. "Pendidikan dan Penguatan Karakter pada anak (perkembangan peserta didik) Nuta media: Yogyakarta

Fauziah, Hamidah Ulfa, Edi Suhartono, and Petir Pudjantoro. 2021. “Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Religius.” Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial 1(4): 437–45.

Furaidah, Sri Untari Annek Astri Octaviani. 2019. “Penguatan Pendidikan Karakter Nilai Religius Dalam Program Kegiatan Budaya Sekolah.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 4(11): 1549–56. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/13044.

Habibah, Riasatul et al. 2020. “Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19.” Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar 2(02): 1.

Narimo, Sabar. 2020. “Budaya Mengintegrasikan Karakter Religius Dalam Kegiatan Sekolah Dasar.” Jurnal VARIDIKA 32(2): 13–27.

Onde, Mitrakasih La ode, Hijrawatil Aswat, Fitriani B, and Eka Rosmitha Sari. 2020. “Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter (Ppk) Era 4.0 Pada Pembelajaran Berbasis Tematik Integratif Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4(2): 268–79.

Roziqin, Khoirur, Badruli Martati, and Deni Adi Putra. 2021. “Analisis Karakter Religius Siswa Dalam Belajar Dari Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian 7(1): 1–6.

Santoso, Suyahmo, Rachman Maman, and Cahyo Budi Utomo. 2020. “Urgensi Pendidikan Karakter Pada Masa Pandemi Covid 19.” Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang: 558–63.

Suryanti, E. W, and F. D Widayanti. 2018. “Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Religius.” Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH 2018) (September): 254–62.

Yunita, Yuyun, and Abdul Mujib. 2021. “Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam.” Jurnal TAUJIH 14(01): 78–90.




DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1446

Article Metrics

Abstract view : 1129 times
PDF - 965 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Hijrawatil Aswat, Mitra kasih La Ode Onde, Fitriani B, Eka Rosmitha Sari, Muliati Muliati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.