Pengembangan Media Kartu Permainan IPA untuk Perkuliahan IPA Biologi

Agnes Herlina Dwi Hadiyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran IPA untuk dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dalam perkuliahan IPA Biologi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan prosedur pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analisis (Analysis), perancangan (Design), pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan kuesioner. Kualitas produk yang dikembangkan divalidasi oleh dua orang pakar yang terdiri dari pakar bidang IPA dan pakar bidang Bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk media kartu permainan IPA yang telah dikembangkan masuk dalam kategori sangat baik, yang ditunjukkan dari hasil rerata skor validasi produk media kartu permainan IPA adalah sebesar 3,86. Selain itu, berdasarkan hasil implementasi media kartu permainan IPA terhadap mahasiswa dalam perkuliahan IPA Biologi diperoleh hasil bahwa kartu permainan IPA yang telah dikembangkan dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dan juga membantu mereka untuk memahami materi.

Keywords


Kartu permainan IPA, motivasi belajar, IPA Biologi

Full Text:

PDF

References


Anjani, K. D., Fatchan, A., & Amirudin, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Turnamen Dan Games Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(9), 1787—1790-1790. https://doi.org/10.17977/jp.v1i9.6812

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Chin, L. C., & Zakaria, E. (2015). Effect of Game-Based Learning Activities on Children’s Positive Learning and Prosocial Behaviours. Jurnal Pendidikan Malaysia, 40(2), 159–165.

Estiani, W., Widiyatmoko, A., & Sarwi. (2015). Pengembangan Media Permainan Kartu Uno Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Karakter Siswa Kelas VIII Tema Optik. Unnes Science Education Journal, 4(1), 711–719. https://doi.org/10.15294/usej.v4i1.4974

Hussain, I. (2012). Use of Constructivist Approach in Higher Education: An Instructors’ Observation. Creative Education, 03(02), 179–184. https://doi.org/10.4236/ce.2012.32028

Kunandar. (2014). Penilaian autentik: penilaian hasil belajar peserta didik berdasarkan kurikulum 2013: suatu pendekaran praktik. Jakarta: Rajawali Pers.

Kustandi, C., & Sutjipto, B. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital (2nd ed.). Bogor: Ghalia Indonesia.

Mashami, R. A., Andayani, Y., & Sofia, B. F. D. (2013). Pengembangan Media Kartu Koloid untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 1(2). https://doi.org/10.33394/j-lkf.v1i2.207

Mudlofir, A. (2016). Desain Pembelajaran Inovatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Munandi, Y. (2013). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: GP Press Group.

Nugraha, F. A., Nur, E., Suryana, Y., & M, M. R. W. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Efektivitas Media Powerpoint dalam Pembelajaran Materi Luas Daerah Segitiga untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. 3(5), 2760–2768.

Oktaviani, S., & Arini, N. W. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Pengembangan Media Animation Game Geometry Smart Choice untuk Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. 3(5), 2769–2775.

Pribadi, B. A. (2014). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi: Implementasi Model ADDIE. Jakarta: Prenada Media Group.

Putra, S. R. (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: DIVA Press.

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. (2011). Media Pengajaran. Bandung: PT Sinar Baru Algensindo.

Tegeh, I. M., Jampel, I. M., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.

Vegt, N., Visch, V., Vermeeren, A., & Ridder, H. De. (2016). Player Experiences and Behaviors in a Multiplayer Game : Designing Game Rules to Change Interdependent Behavior Delft University of Technology , faculty of Industrial Design Engineering. International Journal of Serious Games, 3(4), 69–85.

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media Dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23–27. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index

Widoyoko, E. P. (2015). Teknik Penyusunan Instrument Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wulandari, L. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Remi pada Materi Bangun Datar. Jipm, 1(1), 19–30.




DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1336

Article Metrics

Abstract view : 22 times
PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Agnes Herlina Dwi Hadiyanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.