Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran

Ferlinda Herdianti Widiana, Brillian Rosy

Abstract


Tujuan dari penelitian ini pengembangan e-modul berbasis flipbook maker pada mata pelajaran teknologi perkantoran ini yaitu 1)untuk mengetahui proses pengembangan e-modul berbasis flipbook maker pada mata pelajaran teknologi perkantoran; 2)kelayakan pengembangan e-modul berbasis flipbook maker pada mata pelajaran teknologi perkantoran; 3)respons siswa terhadap pengembangan e-modul berbasis flipbook maker pada mata pelajaran teknologi perkantoran. Jenis metode penelitian ini adalah Research And Development dengan menggunakan model ADDIE yang terdapat lima tahapan yaitu Analysis (analisis data), Design (perencanaan), Development (pengembangan), Implementation (penerapan), Evaluation (evaluasi). Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan yaitu terdiri dari lembar validasi ahli materi, media, bahasa dan hasil angket respons siswa SMKN 1 Sooko Mojokerto. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil dari validasi ahli materi memperoleh persentase sebesar 85%, ahli media sebesar 92%, ahli bahasa sebesar 88% pengembangan e-modul berbasis flipbook maker pada mata pelajaran teknologi perkantoran memperoleh kategori “sangat layak” secara keseluruhan persentase yang diperoleh 88,33% dan hasil angket respons siswa memperoleh persentase 95,45%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-modul berbasis flipbook maker pada mata pelajaran teknologi perkantoran sangat layak untuk diterapkan di SMKN 1 Sooko Mojokerto

Keywords


Modul Elektronik, Flipbook Maker, Teknologi Perkantoran

Full Text:

PDF

References


Amanullah, M. . (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran.

Anggraini, dkk. (2016). Pegembangan bahan ajar materi trigonometri berbantuan software iMindMap pada siswa SMA. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 39–47.

Arsyad. (2017). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Asmi, A. R., Surbakti, A. N. D., & C., H. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Book Maker Materi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27, 1–10.

Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8, 261–272. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/8242/4081

Damarsasi, D&G., & Saptorini, S. (2018). Pengembangan E-modul Berbasis Flipbook Maker Materi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27, 1–10.

Fausih, M., & Danang, T. (2015). Pengembangan Media E-Modul Mata Pelajaran Produktif Pokok Bahasan “Instalasi Jaringan Lan (Local Area Network)” Untuk Siswa Kelas Xi Jurusan Teknik Komputer Jaringan Di Smk Nengeri 1 Labang Bangkalan Madura. Jurnal UNESA, 01(01), 1–9. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/10375

Fitrayani Hunaepi. (2016). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Smartphone Berplatform Android pada Matakuliah Taksonomi Tumbuhan Tinggi,. 4(2), 97–106.

Fitri Nurmayanti, Fauzi Bakri, dan E. B. (2015). Pengembangan Modul Elektronik Fisika dengan Strategi PDEODE pada Pokok Bahasan Teori Kinetik Gas untuk Siswa Kelas XI SMA. Prosiding Simposium Nasional Inovasi Dan Pembelajaran Sains, 2015(Snips), 337.

Gunadharma. (n.d.). No TitlePengembangan Modul Elektronik Sebagai Sumber Belajar Untuk Mata Kuliah Multimedia Design. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan,. (1), 3.

Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66–79. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5

Ihsan. (2014). Pegembangan modul elektronik Microsoft Excel 2007 untuk kelas XI sekolah menengah atas.

Karno, R. (2015). Penerapan Media Pembelajaran Biologi dengan Menggunakan Macromedia Flash Profesional 8. Jurnal Ilmiah Edu Research, 4(1), 79–84. http://e-journal.upp.ac.id/index.php/EDU/article/view/1198

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, & Amalia, D. A. (2020). Analisis Bahan Ajar. Nusantara : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326.

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Praspita, R., & Rosy, B. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Di Kelas X OTKP 1 SMK Negeri 1 Tuban. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 504–515.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.

Putra, R. W. Y., & Anggraini, R. (2016). Pengembangan bahan ajar materi trigonometri berbantuan software iMindMap pada siswa SMA. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 39–47.

Putry Widyaningrum, F. D. P. (2021). Pengembangan E-Modul Dengan Flipbook Maker KD 3.6 Menganalisis Perilaku Konsumen Dalam Bisnis Ritel Kelas XI BDP di SMK Negeri 2 Tuban. Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1048–1054.

Rahim A., J. dan S. N. (2017). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Discovery Learning Menggunakan 3D Pageflip Professional Pada Materi Gerak Lurus Untuk Kelas X SMA. Artikel Ilmiah.

Rahmi, L. (2018). Perancangan E-Module Perakitan dan Instalasi Personal Komputer Sebagai Media Pembelajaran Siswa SMK. TA’DIB, 21(2), 105–111.

Ricu Sidiq, & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/jps.091.01

Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. In Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Alfabeta.

Sadiman, A. (2014). Media Pendidikan Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Rajawali Pers.

Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., & Muladi, Y. (2013). MODUL VIRTUAL : MULTIMEDIA FLIPBOOK DASAR TEKNIK DIGITAL. IX(2), 101–116.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Susilo, A., Siswandari, & Bandi. (2016). Pengembangan modul berbasis pembelajaran saintifik untuk peningkatan kemampuan mencipta siswa dalam proses pembelajaran akuntansi siswa kelas XII SMAN 1 Slogohimo 2014. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1), 50–56.

Syidiq & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/jps.091.01




DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1265

Article Metrics

Abstract view : 4412 times
PDF - 4814 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ferlinda Herdianti Widiana, Brillian Rosy

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.