Kajian Morfologis pada Pemberitaan Habib Rizieq Shihab Rekomendasinya sebagai Materi Menyusun Teks Berita Di SMP

Mia Solihat, Hendra Setiawan, Ferina Meliasanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kajian morfologis berupa afiksasi, reduplikasi, dan komposisi pada pemberitaan Habib Rizieq Shihab dalam media detiknews.com edisi Mei 2021 yang direkomendasikan sebagai materi menyusun teks berita di sekolah menengah pertama kelas VIII. Metode yang digunakannya yaitu menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan tenik pengumpulan datanya yaitu menggunakan teknik dokumentasi, simak, dan catat. Hasil dari penelitian ini yaitu menunjukkan bahwa di dalam 13 berita yang telah dianalisis terdapat 36 data kesalahan dalam proses morfologis afiksasi, reduplikasi, dan pemajemukan, dengan rincian yaitu terdapat 3 kesalahan dalam bidang afiksasi, 2 kesalahan dalam bidang reduplikasi, dan 2 kesalahan dalam bidang pemajemukan. Hasil dari penelitian ini dapat direkomendasikan sebagai materi menyusun teks berita di SMP Kelas VIII semester ganjil sesuai dengan kompetensi dasar 4.2 menyajikan data dan informasi dalam bentuk berita secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan (lafal, intonasi, mimik, dan kinesik) yang terdapat di dalam silabus dengan indikator yaitu menyusun teks berita berdasarkan data-data yang telah disusunnya

Keywords


Kajian morfologis, pemberitaan habib rizieq shihab, teks berita

Full Text:

PDF

References


Aprilia, O., Qoryah, A. N., & Aprilia, O. Y. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Morfologi Pada Portal Radar Solo Tema Covid-19. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 82–92.

Aulia, N., & Anggraini, N. (2020). ANALISIS KESALAHAN MORFOLOGI DALAM ARTIKEL PENDIDIKAN SURAT KABAR ONLINE DI ERA NEW NORMAL 2020. Jurnal Sasindo UNPAM, 8(2), 56–69.

Damayanti, I., & Nugraheni, A. S. (2020). ANALISIS BACAAN BERITA KULDESAK LANTARAN JEREBU DI MAJALAH TEMPO 21-27 SEPTEMBER 2015 PADA BUKU AJAR TEMATIK KELAS V SD/MI. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 119–134.

Evitasari, E., & Nasucha, Y. (2016). Kata Bersufiks pada Tajuk Rencana Suara Merdeka dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Isfanti, L., & Nasucha, Y. (2017). Proses Morfologis Dalam Rubrik Opini Pada Surat Kabar Kompas Edisi Jumat, 26 Desember 2014 Sebagai Pembelajaran Bahasa Indonesia SMA/SMK/MA Kelas XII. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

KBBI, V. (2018). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima. Aplikasi Luring Resmi Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa, Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kridalaksana, H. (2007). Pembentukan Kelas Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Kristi, M. W. P. (2016). ANALISIS KESALAHAN SINTAKSIS DAN MORFOLOGIS KARANGAN BAHASA INGGRIS SISWA SMA BOPKRI I YOGYAKARTA. Diksi, 24(1).

Metode, S. (2018). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta Bandung.

Oktaviani, E. S., & Nasucha, Y. (2016). Analisis Kesalahan Morfologis Pada Karangan Deskripsi Siswa Kelas Vii SMP Negeri 1 Kradenan Tahun Ajaran 2015/2016. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Purwanto, R. D. (2016). Analisis Proses Morfologis pada Kolom Sepak Bola Di Koran Harian Solopos Edisi November 2014.

Rahmah, M. (n.d.). Penggunaan prefiks pada berita detik. news di media daring detik. com dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa dan sastra indonesia kelas viii smp.

Rohmadi, M., Nasucha, Y., & Wahyudi, A. B. (2012). Morfologi: Telaah morfem dan kata. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sudaryanto, S. (2015). Metode dan aneka teknik analisis bahasa. Yogyakarta: APPTI.

Tarigan, G. H. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung: CV. Bandung: Angkasa.

Utami, M. A. P., Muzaqqi, M., Ningrum, S. P. R., & Ulya, C. (2021). ANALISIS KESALAHAN MORFOLOGI KATA PADA LAMAN BERITA DARING PUBLIKASI ONLINE. ID. Jurnal Skripta, 7(1).




DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1259

Article Metrics

Abstract view : 22 times
PDF - 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Mia Solihat, Hendra Setiawan, Ferina Meliasanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.