Penerapan Sistem Prodigy Math Game sebagai Implementasi Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Menengah Atas

Yelsi Enny A, Hotmaulina Sihotang

Abstract


Pembelajaran matematika merupakan salah satu pelajaran yang penting dikarenakan dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) dipelajari namun ketika pembelajaran daring siswa kurang aktif dan kesulitan menyelesaikan masalah. Tujuan penelitian ini adalah membatu siswa aktif belajar dan memecahkan masalah dengan menerapkan system prodidy math. Metode penelitian ini dengan studi literatur yakni mengkaji regulasi, buku, dan jurnal. Hasil penelitian menunjukkan penerapan prodigy math game pada siswa sebagai media tambahan disaat pembelajaran daring dapat mengatasi permasalahan siswa yang sulit untuk memahami pembelajaran matematika dan menumbuhkan keaktifan serta minat siswa untuk belajar matematika disaat kelas online berlangsung. Penerapan system prodigy math game dapat dilihat dari hasil analisis secara kualitatif dengan pendekatan induktif yang mengacu pada permasalahan yang ada dalam kehidupan sehari-hari mampu membuat siswa menjadi aktif dan berpikir kreatif selama pembelajaran daring. System prodigy math dapat meningkatkan nilai minat dan semangat belajar siswa saat pembelajaran daring berlangsung dan sebagai implementasi dari merdeka belajar

Keywords


Mathematical mathematical gaming system; Free study; Study hard.

Full Text:

PDF

References


Aiman Faiz1, I. K. (2020). Konsep Merdeka Belajar Pendidikan Indonesia Dalam Perspektif Filsafat Progresivisme. Urnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(2).

Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembanagan Pendidikan Karakter. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3).

Baro’ah, S. (2020). Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan. Issn Journal, 4(1).

Fahlevi, K. (N.D.). Peneparan Media Pembelajaran Aplikasi Permainan Matematika Pada Playstore Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan.

Hotmaulina Sihotang1*), Bernadetha Nadeak2), Dan R. S. (2020). Penerapan Belajar Mandiri Dengan Strategi Efektif Pada Masa Pandemi Covid 19 Bagi Remaja Hkbp Duren Jaya Bekasi. Jurnal Comunita Servizio, 2(2).

Istiq’faroh, N. (2020). Relevansi Filosofi Ki Hajar Dewantara Sebagai Dasar Kebijakan Pendidikan Nasional Merdeka Belajar Di Indonesia. Jurnal Pendidikan, 3(2).

Jumlah Pecandu Game Online Di Indonesia Diduga Tertinggi Di Asia. (2021). Liputanmedia.

Kemdikbud, Pengelola Web. (2021). Nadiem Anwar Makarim Emban Amanah Baru Sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Krisbiantoro1, D., & Haryono2, D. (2017). Game Matematika Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Telematika, 10(2).

Lyons, C. (2020). Identifying Opportunities And Challenges Of Using Prodigy Math In A Sixth Grade Math Classroom. Education.

Mardiana1, D., & Umiarso2. (2020). Merdeka Belajar Di Tengah Pandemi Covid-19: Studi Di Sekolah Menengah Pertama Di Indonesia. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 13(2).

Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar”Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1).

Noviani, Y. Dkk. (2017). Pendidikan Humanistik Ki Hadjar Dewantara Dalam Konteks Pendidikan Kontemporer Di Indonesia. Jurnal Pendidikan.

Radyuli1, P., Sefriani2, R., & Qomariah3, N. (2019). Pembelajaran Inquiry Menggunakan Google Form Terhadap Hasil Belajar Simulasi Dan Komunikasi Digital. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2).

Samho, B. (2014). Pendidikan Karakter Dalam Kultur Globalisasi: Inspirasi Dari Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(3).

Sefriani1, R., & Sepriana2, R. (2020). Pengembangan Media E-Learning Berbasis Schoology Pada Pembelajaran Kurikulum Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1).

Sihotang, H. (2012). Pengaruh Konsep Diri Dan Berpikir Kritis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Smp Se-Jakarta Timur. Jurnal Dinamika Pendidikan, 5(3).

Sihotang, H. (N.D.). Peran Guru Yang Profesional Dalam Pembentukan Nilai-Nilai Karakter Di Sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan.

Suka Nikmat Zebua1, E. S., & Erlina3. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kreativitas, Dan Kemampuan Menyesuaikan Diri Terhadap Kinerja Guru Sma. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6).

Susilo, S. V. (2018). Refleksi Nilai-Nilai Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Dalam Upaya Upaya Mengembalikan Jati Diri Pendidikan Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1).




DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1230

Article Metrics

Abstract view : 44 times
PDF - 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yelsi Enny A, Hotmaulina Sihotang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.