Efektifitas Pembelajaran Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematic) terhadap Hasil Belajar pada Meteri Dimensi Tiga SMK

Suriyana Suriyana, Metia Novianti

Abstract


Penelelitian ini betujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematic) terhadap Hasil Belajar pada meteri Dimensi Tiga SMK dengan tiga indikator yaitu aktivitas pesrta didik, hasil belajar dan respon siswa terhadap proses pembelajaran. Jenis penelitian ini pre-ekprerimen dan jenis desain penelitiannya pre- Ekperimen the one group pretes-postet yang dilaksanakan dua kali pertemuan. Sampel dalam penelitian ini siswa SMK Muhammadiyah Kleas XII Rasau Jaya sebanyak 21 orang. Hasil penelitian di tunjukan pada pengamatan atau aktivitas siswa bahwa terlihat dr hasil persentasi 87% perserta didik antusia dalam mengikuti pembelajaran tesebut dan aktif dalam bertanya serta perseerta berani dalam menyampaikan pendapat. Persentasi 87% sudah memenuhi indikator pencapaian kriteria minimal. Hasil belajar di lihar dari evaluasi di tujukan denagn hasil pretest dan posttest. Hasil pretest persentasinya 70.47%, sedangkan posttest persentasi 77,14% jadi hasil tes soal menunjuka bahwa mencapai kriteria ketuntasan., dan Repon siswa terhadap pembelajaran berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematic) bahwa dalam persentasi 95.85% respon positif terhadap pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut , dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematic) pada siswa KELAS XII efektif di tinjau dr aktifitas siswa ,respon siswa positif dan kecapaian hasil belajar.

Keywords


STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematic) , Hasil Belajar , Matematika

Full Text:

PDF

References


Amir, R. H. (2021). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STEAM ( SCIENCE , TECHNOLOGY , ENGINEERING , ART , AND MATHEMATICS ) PADA. 6.

Amri, M. S., Sudjimat, D. A., & Nurhadi, D. (2020). Mengkombinasikan Project-Based Learning dengan STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknikal dan Karakter Kerja Siswa SMK. Amri, 43(1), 41–50. http://journal2.um.ac.id/index.php/teknologi-kejuruan/article/view/16643

Auliyairrahmah, A., Djazilan, S., & Hartatik, S. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Implementasi Pendidikan Karakter Integritas Sub Nilai Kejujuran melalui Program Kantin Kejujuran di Sekolah Dasar. 3(6), 3565–3577.

Becker, K., & Park, K. (2011). Effects of integrative approaches among science , technology , engineering , and mathematics ( STEM ) subjects on students ’ learning : A preliminary meta-analysis. 12(5), 23–37.

Fadholi, T., Waluya, B., & Artikel, I. (2015). Analisis Pembelajaran Matematika Dan Kemampuan Literasi Serta Karakter Siswa Smk. Unnes Journal of Research Mathematics Education, 4(1), 42–48.

Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran Matematika Yang Bermakna. Math Didactic, 2(3), 181–190. https://doi.org/10.33654/math.v2i3.47

Ismayani, A. (2016). Pengaruh Penerapan STEM Project - Based Learning terhadap Kreativitas Matematis Siswa SMK. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 3(4), 264–272.

Madura, U. I. (2020). Agus Budiyono, Hotimatul Husna, Arin Wildani. 12(2), 166–176.

Menengah, S., Insan, P., Selatan, T., Studi, P., Elektro, T., Teknik, F., Pamulang, U., & Selatan, K. T. (2020). article, page 31 - 41. 3(1), 31–41.

Morotai, U. P. (2020). Jurnal Mitra Pendidikan ( JMP Online ). 4(6), 392–403.

Nurhikmayati, I. (2019). IMPLEMENTASI STEAM DALAM. 1(2), 41–50.

Pratiwi, K. F., Wijayati, N., & Mahatmanti, F. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Penilaian Autentik Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Rakhmawati, S., Muspiroh, N., Azmi, N., Pd, S. I., Tadris, J., Biologi, I., Bypass, J. P., & Cirebon, S. (2016). Analisis Pelaksanaan Kurikulum 2013 Ditinjau Dari Standar Proses Dalam Pembelajaran Biologi Kelas X Di Sma Negeri 1 Krangkeng. Scientiae Educatia: Jurnal Sains Dan Pendidikan Sains, 5(2), 156–164. www.syekhnurjati.ac.di/jurnal/index.php/sceducatia

Redhana, I. W. (n.d.). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PETA. 141–148.

Rohmatika, R. V. (2019). Pendekatan Interdisipliner dan Multidisipliner Dalam Studi Islam. Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama, 14(1), 115–132. https://doi.org/10.24042/ajsla.v14i1.4681

Shadiq, F. (2019). Pembelajaran Matematika Pada Era Industri 4.0., Suatu Tantangan Bagi Guru Dan Pendidik Matematika. Seminar Nasional Penelitian Pendidikan Matematika (Snp2M) 2019 Umt, 7–16. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/cpu/article/view/1675

Siswa, P. L. (2021). J . A . I : Jurnal Abdimas Indonesia. 89–96.

Surabaya, U. M. (2021). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STEAM PADA PEMBELAJARAN DARING Naili Sa ’ ida. 7(2), 123–128.

Suriyana, Siti Nur Asmah, D. K. (2020). Inovasi Media Pembelajaran Matematika Song Innovation in Mathematics Learning. 2(1), 35–47.

Wijaya, R. (2015). Hubungan Kemandirian Dengan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling, 1(3), 40–45.




DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1199

Article Metrics

Abstract view : 19 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Suriyana, Metia Novianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.