Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perilaku Sosial Anak di Desa Jekulo Kudus

Latifatus Saniyyah, Deka Setiawan, Erik Aditia Ismaya

Abstract


Penggunaan gadget dapat menyebabkan kecanduan dan dapat berpengaruh pada perilaku anak. Hal ini dibuktikan dengan adanya anak di desa Jekulo bahwa anak sering menggunakan gadget. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk-bentuk penggunaan gadget, dampak penggunaan gadget dan perilaku sosial anak di desa Jekulo Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di desa Jekulo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus dengan objek penelitian ini adalah 6 anak-anak dan orang tua. Pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan pencatatan. Uji validitas menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas penggunaan gadget tinggi mencapai 3-6 jam perhari. Aplikasi yang sering dibuka oleh anak yaitu youtube, tiktok dan game. Penggunaan ini berdampak positif seperti mendapatkan pengetahuan luas, mempermudah komunikasi dan melatih kreativitas anak. Selain itu berdampak negatif diantaranya mata menjadi mudah lelah, jam tidur dan jam belajar berkurang serta gangguan emosional pada anak. Perilaku sosial anak masih menunjukkan baik, menghormati orang lain, tolong menolong, sopan santun, namun anak-anak kurang peka dan peduli terhadap orang disekelilingnya

Keywords


dampak, gadget, perilaku sosial

Full Text:

PDF

References


Aggraeni, A. dan H. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kehidupan Sosial Para Siswa Sma. Jurnal PPKN & Hukum, 13(Sosial), 64–76.

Fitria, Anizar Ahmad, F. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERILAKU REMAJA DALAM KELUARGA. Psikoislamedia Jurnal Psikologi, 05, 182–194.

Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Teori & praktik. PT. Bumi Aksara.

Indrayani, N. M. (2021). Dampak Penggunaan Media Komunikasi (Gadget) terhadap Perubahan Perilaku pada Generasi Muda Hindu. JURNAL LAMPUHYANG LEMBAGA PENJAMINAN MUTU STKIP AGAMA HINDU AMLAPURA, 12(1), 1–16.

Ismaya, E. A., Sunoto, & Su’ad. (2021). Social Science Learning in Covid 19 Pandemic by Using Internet Media. Journal of Physics: Conference Series, 1823(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1823/1/012086

Keswara, U. R., Syuhada, N., & Wahyudi, W. T. (2019). Perilaku penggunaan gadget dengan kualitas tidur pada remaja. Holistik Jurnal Kesehatan, 13(3), 233–239. https://doi.org/10.33024/hjk.v13i3.1599

Kurniawati, D. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Prestasi Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 78–84. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.78

Marpaung, J. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Dalam Kehidupan. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 5(2), 55–64. https://doi.org/10.33373/kop.v5i2.1521

Nuha, I. dan F. (2021). NILAI PEDULI SOSIAL PADA FILM ANIMASI NUSSA DAN RARA. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 03(2), 207–213.

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26

Prayuda, R. A., Munir, Z., & Siam, W. N. (2020). Pengaruh Pemakaian Gadget Terhadap Perilaku Sosial Siswa di Sekolah Dasar Negeri Taal 01 Kecamatan Tapen Kab. Bondowoso. Jurnal Keperawatan Profesional, 8(1), 40–48. https://doi.org/10.33650/jkp.v8i1.1020

Rahmandani, F. dkk. (2018). Analisis Dampak Penggunaan Gadget (Smartphone) Terhadap Kepribadian Dan Karakter (Kekar) Peserta Didik Di Sma Negeri 9 Malang. Jurnal Civic Hukum, 3(1), 18. https://doi.org/10.22219/jch.v3i1.7726

Rozalia, M. F. (2017). Hubungan Intensitas Pemanfaatan Gadget Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 722. https://doi.org/10.22219/jp2sd.vol5.no2.722-731

Santoso, F. A. (2020). Dampak Penggunaan Gawai terhadap Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 49–54. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.87

Siti Nisrima, Muhammad Yunus, E. H. (2016). Pembinaan Perilaku Sosial Remaja Penghuni Yayasan Islam Media Kasih Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan Unsyiah, 1, 194.

Sukirman. (2017). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Game Untuk Mengajarkan Perilaku Santun di Media Sosial. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 1(1), 30–37. https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1447

Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 538. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22310

Tangguhhati, subekti dan kiswoyo. (2018). Pola interaksi siswa terhadap teman sebaya studi kasus: dampak pemakaian gadget di kelas IV A SDN Pekunden Semarang. Jurnal Sekolah (JS), 2(2), 110–118.

Wahyu, N. (2013). DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP INTERKSI SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN. Journal of Petrology, 369(1), 1689–1699. http://dx.doi.org/10.1016/j.jsames.2011.03.003%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.gr.2017.08.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.precamres.2014.12.018%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.precamres.2011.08.005%0Ahttp://dx.doi.org/10.1080/00206814.2014.902757%0Ahttp://dx.

Walgito, B. (2004). Pengantar Psikologi Umum. ANDI.

Widya, R. (2020). Dampak Negatif Kecanduan Gadget Terhadap Perilaku Anak. Jurnal Abdi Ilmu, 13(1), 29–34.

Widyayati, W., Setiawan, D., & Masfuah, S. (2021). THE INTENSITY OF USING GADGETS AND PARENT CONTROLS IN RT 02 / RW 04 DESA TAMBAHAGUNG. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(3), 680–688.




DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1161

Article Metrics

Abstract view : 11023 times
PDF - 8622 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Latifatus Saniyyah, Deka Setiawan, Erik Aditia Ismaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.