Pengembangan Aplikasi Mobile Learning Appy Pie Android Berbasis Kemampuan Berpikir Kreatif di Sekolah Dasar

Nur Auliyah, Prima Mutia Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas kelayakan aplikasi mobile learning android berbasis kemampuan berpikir kreatif pada materi Perubahan Wujud Benda. Metode penelitian yang digunakan ialah Research and Development dengan model pengembangannya menggunakan ADDIE yang memiliki lima tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian menggunakan lembar penilaian dari ahli materi, ahli media, penilaian guru, dan uji coba siswa. Penelitian ini diujicobakan kepada 32 siswa kelas III pada salah satu sekolah dasar di Jakarta Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari validasi ahli materi mendapatkan persentasi sebesar 88.50%, selanjutnya hasil validasi oleh ahli media dengan persentase sebesar 89.84 %, dan hasil penilaian oleh guru didapatkan persentase sebesar 87.50%. Uji coba dilakukan pada siswa diperoleh persentase kualitas media pembelajaran sebesar 79.25% dengan kategori layak. Berdasarkan hasil perolehan data menunjukkan bahwa aplikasi mobile learning Appy Pie Android berbasis kemampuan berpikir kreatif layak digunakan sebagai media pembelajaran siswa kelas III sekolah dasar

Keywords


Mobile Learning, Appy Pie, The ADDIE Model

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ardiansyah, A. A. (2020). Peran Mobile Learning sebagai Inovasi dalam Pembelajaran di Sekolah. 3(1), 47–56.

Chusni, M. M., & dkk. (2018). APPY PIE UNTUK EDUKASI. Media Akademi.

Damayanti, N. A., & Dewi, R. M. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Pengembangan Aplikasi Kahoot Sebagai Media Evaluasi Hasil Belajar Siswa. 3(4), 1647–1659.

Hafipz, R. A. K. S. dan M. K. (2019). Desain dan pembuatan media pembelajaran mobile learning pada mata pelajaran sistem dan instalasi tata udara. 6(1), 71–79.

Henry, Muhamad, R., & Nova, D. (2016). Strategi Pembelajaran Efektif Berbasis Mobile Learning pada Sekolah Dasar. 0–14.

Indahri, Y. (2020). Permasalahan Pembelajaran Jarak Jauh Di Era Pandemi. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR R, 19, 13–18. https://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info Singkat-XII-12-II-P3DI-Juni-2020-201.pdf

Jannah, M., & Julianto. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI DIGESTIVE SYSTEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS V. PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI DIGESTIVE SYSTEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS V, 06, 124–134.

Khairunnisa, S., Amirullah, G., & Ninawati, M. (2019). Jurnal inovasi pendidikan dasar. 4(2), 49–56.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). No Title. Surat Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease., 1–3.

Ningsih, R. P. A. dan N. S. W. (2021). Jurnal basicedu. Pengembangan Aplikasi Keliling Nusantara Sebagai Media Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar, 5(4).

Rahmat, H. K. (2019). Mobile Learning Berbasis Appypie Sebagai Inovasi Media Pendidikan untuk Digital Natives dalam Perspektif Islam. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 16(1). https://doi.org/10.34001/tarbawi.v16i1.999

Ratnasari, D., Oktaviyanti, D., Sukmawati, S. S., & Setiyawati, E. (2020). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Program APPYPIE untuk Pembelajaran Fisika. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 5(2), 158. https://doi.org/10.36709/jipfi.v5i2.13149

Retnawati, H. (2015). The Comparison of The Accuracy of Likert Scale. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 45(2), 156–167.

Sanjaya, P., Suwatra, W., Suartama, K., & Pendidikan, J. T. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Dengan Menggunakan Model Addie Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Viii Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2014/2015 Di Smp Negeri 2 Seririt. Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan, 3(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/4834

Septikasari, R. dan R. N. F. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. 107–117.

Setiani, P., & Jambi, F. U. (2018). MEDIA APLIKASI ANDROID PADA PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR MEDIA APLIKASI ANDROID PADA PEMBELAJARAN. 1–15.

Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan (Rendy (ed.); 4th ed.). Prenadamedia Group.

Sugiyono. (2018). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D. Alfabeta.

Widiastika, Milda Asti , Nana Hendracipta, A. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android pada Konsep Sistem Peredaran Darah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1060–1066.

Wiro, M., & Sulistyowati, R. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Sekolah Menengah Kejuruan. 3(5), 2092–2104.

Wulandari, D. A., Wibawanto, H., Suryanto, A., & Murnomo, A. (2019). Pengembangan Mobile Learning berbasis Android pada Mata Pelajaran Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Sultan Trenggono Kota Semarang. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(5), 577. https://doi.org/10.25126/jtiik.201965994




DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1127

Article Metrics

Abstract view : 22 times
PDF - 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nur Auliyah, Prima Mutia Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.