PERBEDAAN KEMAMPUAN KOLABORASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 4 SD MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT

Pindi Darma Hutama, Stefanus Christian Relmasira, Agustina Tyas Asri Hardini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dari kemampuan kolaborasi dan hasil belajar pada penerapan pembelajaran Matematika siswa kelas 4 SD menggunakan pembelajaran cooperatif learning tipe Numbered Head Together dan Teams Game Tournament. Subjek dari pelaksanaan penelitian ini adalah siswa kelas 4A yang berjumlah 34 dan siswa kelas 4B yang berjumlah 34 siswa yang berasal dari SD N 16 Purwodadi. Desain dari pelaksanaan penelitian ini adalah eksperimen semu. Berdasarkan hasil penelitian diketahui pembelajaran yang menggunakan model Teams Games Tournament lebih efektif dibandingkan pembelajaran yang menggunakan model Numbered Head Together. Hal tersebut dapat dilihat dari data yang diperoleh berupa hasil uji analisis nilai Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0,023. Maka 0,023 < 0,05 sehingga Ho ditolak sedangkan Ha diterima. Perbedaan kemampuan kolaborasi dan hasil belajar antara model Teams Games Tourment dan Numbered Head Together dikarenakan pada pembelajaran yang menerapkan model Teams Games Tournament sangat mengandalkan kerjasama dalam mengatasi masalah yang diberikan oleh guru sehingga siswa lebih sering berinteraksi dengan siswa yang lain dan dapat meningkatkan kemampuan diri dalam memahami materi melalui interaksi dengan siswa yang lain.


Keywords


Numbered Head Together, Teams Games Tournament, Kemampuan Kolaborasi, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Mawardi. (2018). Merancang Model dan Media Pembelajaran. Scholaria, 26-40.

Putra, F. G. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Software Cabri 3d di Tinjau dari Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 143-154.

Rini, R. &. (2015). Peningkatan Keterampilan Proses Saintifik dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SDN Slungkep 02 Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Menggunakan Model Problem Based Learning. Scholaria, 103-113.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor – Faktor Yang mempengaruhi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. (2015). Metodologi Penelitian dan Inovasi Pendidikan. Salatiga: Satya Wacana University Press.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). . Bandung: CV. Alfabeta.

Sulhan. (2006). Pembangungan Karakter pada Anak. Jakarta: Manajemen Press.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.

Susanto, A. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (n.d.). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i2.11

Article Metrics

Abstract view : 97 times
PDF - 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Pindi Darma Hutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.