Pengaruh Aplikasi Wordwall terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar

Prisma Gandasari, Puri Pramudiani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh aplikasi wordwall terhadap motivasi belajar IPA siswa sekolah dasar. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan bentuk desain Post-test Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN Bojong Rawalumbu VI dengan total 83 siswa. Total Sampel untuk penelitian ini yaitu 54 siswa. Kelas kontrol untuk kelas VA yang berjumlah 27 siswa dan kelas eksperimen untuk kelas VC yang berjumlah 27 siswa. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket yang terdiri dari 23 pernyataan yang sudah dinyatakan valid dan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji Liliefors, uji homogenitas menggunakan uji Fisher, dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil analisis uji-t untuk kedua kelas memperoleh nilai thitung>ttabel = 7,79 > 2,0084 , maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh aplikasi wordwall terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SDN Bojong Rawalumbu VI

Keywords


Wordwall Aplication; Students’ Learning; Science; Primary School

Full Text:

PDF

References


Dukalang, H., & Lestari, D. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Macromedia Flash Sebagai Media Pembelajaran Interaktif. Jurnal Teknologi Informasi Indonesia (JTII), 3(1), 1. https://doi.org/10.30869/jtii.v3i1.179

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 0812(2019), 181–187. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/571

Indra, D., Maksum, H., & Abdullah, R. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Melalui Media Pembelajaran Interaktif. 8(1), 14–22.

Januar Mahardhani, A. (2020). Menjadi Warga Negara yang Baik pada Masa Pandemi Covid-19: Persprektif Kenormalan Baru. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2), 65–76. https://doi.org/10.24269/jpk.v5.n2.2020.pp65-76

Jusuf, H. (2016). Penggunaan Gamifikasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal TICOM, 5(1), 1–6. https://media.neliti.com/media/publications/92772-ID-penggunaan-gamifikasi-dalam-proses-pembe.pdf

Kemendikbud. (2020). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Pandemi Covid-19: Satuan Pendidikan di Zona Kuning, Oranye dan Merah Dilarang Melakukan Pembelajaran Tatap Muka Jakarta,. Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran Dan Tahun Akademik Baru Di Masa Pandemi Covid-19: Satuan Pendidikan Di Zona Kuning, Oranye Dan Merah Dilarang Melakukan Pembelajaran Tatap Muka. https://www.kemdikbud.go.id/main/files/download/d16ebb4e0e2245e

Khairunisa, Y. (2021). Pemanfaatan fitur gamifikasi daring maze chase–wordwall sebagai media pembelajaran digital mata kuliah statistika dan probabilitas. 2(1), 41–47.

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Luh, N., Merta, P., Wibawa, I. M. C., Pgsd, J., & Ganesha, U. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 189–197.

Maheswari, G., & Pramudiani, P. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Animaker terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. 3(5), 2531–2538.

Maryam, M. (2016). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 88–97. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/download/1881/1402%0Ahttps://media.neliti.com/media/publications/287678-pengaruh-motivasi-dalam-pembelajaran-dc0dd462.pdf

Mirza, R., L., A. F., S., S. F., & S., S. S. (2021). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid – 19 : Literature Review. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, XII(1), 90–98. https://doi.org/10.23887/XXXXXX-XX-0000-00

Octha. (2020). Pengaruh pengajaran jarak jauh terhadap motivasi belajar taruna poltekip tingkat III manajemen pemasyarakatan. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran), 3(2), 73–84.

Rahman, R., Kondoy, E., & Hasrin, A. (2020). Penggunaan Aplikasi Quizziz Sebagai Media Pemberian Kuis Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3), 60–66. https://doi.org/10.36312/jisip.v4i3.1161

Riadi, E. (2014). Metode Statistika Parametik & Nonparametik Untuk Penelitian Ilmu-ilmu Sosial Dan Pendidikan. Tangerang: PT Pustaka Mandiri.

Rosiyanti, Widyasari, Ardiansyah, A. F., & Istiqomah, S. (2020). Pengaruh Pemberian Soal Pemahaman Berbantuan Media Quizizz Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP Labschool FIP UMJ. Seminar Penelitian LPPM UMJ Jakarta, 1–9. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/7906

Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Dan Wordwall Pada Pembelajaran Ipa Bagi Guru-Guru Sdit Al-Kahfi. 4(April), 195–199.

Sugiyono. (2015). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukma, E. S. (2017). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Melalui Pendekatan Inquiri Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Wonoyoso. Jurnal Penelitian PendidikanA & A (Semarang), 34(2), 113–120. https://doi.org/10.15294/jpp.v34i2.9429

Zahro, M., & Surjanti, J. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Pengaruh Self Regulated Learning dan Self Efficacy Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring di Era Covid-19. 3(4), 1470–1479.




DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1079

Article Metrics

Abstract view : 264 times
PDF - 98 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prisma Gandasari, Puri Pramudiani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.