Manajemen Waktu: Dari Teori Menuju Kesadaran Diri Peserta Didik

Hilma Wahidaty

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah medeskripsikan dan mengenalisis mengenai manajemen waktu dan solusi yang diberikan pada peserta didik terlebih dalam masa pandemi saat ini. Metode yang digunakan adalah kualitatif berjenis library research. Dalam pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan dokumentasi yaitu mengumpulkan berbagai literatur yang berkaitan dengan tema penelitian yang mana dalam hal ini adalah manajemen waktu. Literatur yang dikumpulkan berupa teori dalam sebuah buku, informasi dari jurnal dan bentuk lain yang serupa. Hasil penelitian ini yaitu dalam manajemen waktu sebagai solusi permasalahan khususnya era pandemi saat ini peserta didik harus bisa menetapkan tujuan yang ingin dicapai sesuai dengan usia yang dimilikinya, menyusun skala prioritas mengenai hal yang penting dan tidak penting, membuat dan menyusun jadwal yang harus dibarengi dengan kesadaran, bersikap asertif kepada apapun yang mengganggu komitmen awal berupa ajakan dari orang lain, bersikap tegas terhadap diri sendiri, menghindari penundaan agar tugas tidak semakin menumpuk, meminimalkan waktu terbuang dengan tidak boros terhadap hal yang disenangi dan tidak disenangi

Keywords


Keywords: Time Management, Students

Full Text:

PDF

References


Abdillah, L A et al. 2020. Human Capital Management. Yayasan Kita Menulis.

Abdul Aziz, M P, and H Ibda. 2018. Membangun Karakter Anak Dengan Alquran. CV. Pilar Nusantara.

Annauval, Affan Rais, and Muhammad Abdul Ghofur. 2021. “Lingkungan Keluarga Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Pembelajaran Daring.” EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN 3(5): 2114–22.

“Arti Kata Efektif - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online.” https://kbbi.web.id/efektif (July 19, 2021).

Erwin Kusumastuti, S.T.I.M.P. 2020. HAKEKAT PENDIDIKAN ISLAM: KONSEP ETIKA DAN AKHLAK MENURUT IBN MYSKAWAIH. Jakad Media Publishing.

Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif: Teori & Praktik.

Harahap, Hasmi Syahputra et al. 2021. “Hubungan Motivasi Berprestasi, Minat Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Kemandirian Siswa.” EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN 3(4): 1133–43.

Haruna, Nana Harlina, and Muhammad Fajar. 2021. “PENGARUH MANAJEMEN WAKTU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XII IPS SMA PERGURUAN ISLAM MAKASSAR DI MASA PENDEMI COVID-19.” Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika 6(1): 13–21.

Heri Zan Pieter, S P. 2017. Dasar-Dasar Komunikasi Bagi Perawat. Prenada Media.

Khiyaroh, I. 2017. Sukses Bersikap Tegas. Anak Hebat Indonesia.

M. Joharis Lubis, Haidir. 2019. Administrasi Dan Perencanaan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Prenada Media.

Muri’ah, Khusnul Wardan. 2020. PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK DAN REMAJA. Literasi Nusantara.

Nasrul, Dyla Fajhriani. 2020. “Manajemen Waktu Belajar Di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19.” JIEMAN 2(2): 169–80.

Novianti, Ria, and Meyke Garzia. 2020. “Penggunaan Gadget Pada Anak; Tantangan Baru Orang Tua Milenial.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(2): 1000–1010.

Nurmala, I. 2020. Mewujudkan Remaja Sehat Fisik, Mental Dan Sosial: (Model Intervensi Health Educator for Youth). Airlangga University Press.

Rohman, Abdur. 2018. “Manajemen Qur’ani Tentang Penggunaan Waktu Dalam Bingkai Pendidikan Islam.” Realita: Jurnal Penelitian dan Kebudayaan Islam 16(1).

Sitanggang, N, J Simarmata, P L A Luthan, and T Limbong. 2019. Pengantar Konsep Manajemen Proyek Untuk Teknik. Yayasan Kita Menulis.

Surur, Agus Miftakus, and Ana Ulin Nadhirin. 2020. “Manajemen Waktu Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Pada TK Dharma Wanita 1 Baleturi.” As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(2): 81–94.

Times, R M Q. 2020. Majalah Madrasatul Qur an Times Edisi 5:: Muhasabah: Perubahan Ke Arah Yang Lebih Berkualitas. Pondok Pesantren Madrasatul Qur an Tebuireng.

Wahab. 2020. Ensiklopedia Kebutuhan Manusia. Alprin.

Wahyuningsih, E P. 2017. Produktivitas Tanpa Batas: Bagaimana Menjadi Produktif Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Anak Hebat Indonesia.

Wardani, Anita, and Yulia Ayriza. 2020. “Analisis Kendala Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi: jurnal Pendidikan anak usia dini 5(1): 772–82.

Zed, M. 2014. Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1015

Article Metrics

Abstract view : 4193 times
PDF - 1950 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Hilma Wahidaty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.